Hubungan Status Gizi Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor di Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Antoni
Syahrial Bakhtiar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran penjas sehingga diduga keterampilan gerak dasar lokomotor kurang mendapatkan rangsangan yang maksimal.Jenis penelitian ini adalah korelasi yang menghubungkan 1 variabel bebas dan variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa putra kelas 2 sampai kelas 4 yang masih berusia 7 sampai 10 tahun dan terkumpul sebanyak 30 sampel, penelitian ini menggunakan 2 jenis tes yait yang pertama tes IMT dengan cara mencari data tentang berat badan dan tinggi badan siswa dan yang kedua menggunakan tes TGMD 2 yaitu tes untuk menguji keterampilan gerak daasar lokomor siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan  maka didapat hasil analisis H0 ditolak, dan Ha dengan nilai t hitung 2.398 > t tabel 2.048, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas dan variabel terikat. Dengan kata lain terdapat hubungan yang berarti antara status gizi terhadap keterampilan gerak dasar lokomotor

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Antoni, R., & Bakhtiar, S. (2019). Hubungan Status Gizi Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor di Sekolah Dasar. Jurnal JPDO, 2(8), 21-27. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/78