Komparasi M etode Pembelajaran Menggunakan Media Visual dan Konvesional Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Senam Lantai

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Meri Delvita
Madri Madri

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui penggunaan metode pembelajaran media visual dan konvesional memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Payakumbuh. Sampel penelitian ini adalah 34 peserta didik laki-laki yang dipilih dengan teknik purposive sampling Instrumen yang digunakan adalah berupa lembar observasi penilaian keterampilan peserta didik. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran media visual dengan nilai thitung 9,059 > ttabel 2,132, hipotesis kedua terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran konvesional dengan nilai thitung 4,315 > 2,110, dan hipotesis ketiga terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran menggunakan media visual dan konvesional secara signifikan, dengan nilai thitung 3,80 > ttabel 2,042. Kesimpulan bahwa metode pembelajaran menggunakan media visual dan konvesional berpengaruh positif terhadap hasil belajar pada materi senam lantai di SMPN 1 Payakumbuh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Delvita, M., & Madri, M. (2020). Komparasi M etode Pembelajaran Menggunakan Media Visual dan Konvesional Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Senam Lantai. Jurnal JPDO, 3(3), 19-24. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/66