Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah didalam penulisan artikel ini adalah masih belum maksimalnya hasil belajar yang didapat oleh siswa. Faktor internal siswa menjadi salah satu penyebab belum maksimalnya hasil belajar, dimana kebanyakan siswa jenuh dengan kegiatan siswa diluar jam belajar mengajar dengan mengikuti bimbingan belajar. Sehingga dari kejenuhan tersebut ketiga aspek yang dituju dalam hasil belajar yakni aspek cipta (kognitif), aspek rasa (afektif), aspek karsa (psikomotorik) tidak tepat sasaran. Karena salah satu faktor penunjang terciptanya hasil belajar yakni dengan bimbingan belajar yang diikuti siswa tidak menuai hasil yang positif terhadap hasil belajar, maka penulis ingin menganalisis faktor lain penunjang terciptanya hasil belajar yang maksimal yaitu dengan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil belajar adalah kemampuan- kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dampak-dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar