Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X Di SMK N 7 Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keseriusan dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, yang terlihat dari banyaknya siswa yang hadir secara fisik namun tidak terlibat secara mental dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Padang yang berjumlah 166 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah 35 siswa yang merupakan perwakilan dari setiap kelas. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala Likert yang terdiri dari 45 butir pernyataan yang mencakup faktor intrinsik, faktor ekstrinsik, amotivasi, dan faktor pendukung. Data dianalisis menggunakan teknik persentase untuk menggambarkan tingkat motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMK Negeri 7 Kota Padang berada dalam kategori "Sangat Baik" dengan persentase 77,78% (35 siswa) dan kategori "Baik" sebesar 22,22% (10 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut meliputi faktor intrinsik, ekstrinsik, kompetensi guru, sarana prasarana, dan dukungan sosial.