Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di Smp Negeri 4 Merangin Provinsi Jambi Pada Kelas VIII
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Merangin Provinsi Jambi. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya intensitas penggunaan handphone di kalangan siswa yang menyebabkan penurunan aktivitas fisik dan berdampak pada kebugaran jasmani siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggambarkan kondisi kebugaran jasmani siswa berdasarkan data yang diperoleh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 189 orang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 37 orang (15 putra dan 22 putri) menggunakan teknik purposive sampling sebesar 20% dari populasi. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun yang terdiri dari lima butir tes: lari 50 meter, gantung angkat tubuh/siku tekuk, baring duduk, loncat tegak, dan lari 1000/800 meter. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase untuk menentukan klasifikasi kebugaran jasmani siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Merangin berada pada kategori "Kurang" dengan persentase 70%. Untuk siswa putra, 67% berada pada kategori kurang, sedangkan siswa putri mencapai 73% pada kategori kurang. Kesimpulannya, tingkat kebugaran jasmani siswa perlu ditingkatkan melalui latihan fisik yang teratur, pola makan bergizi, istirahat cukup, dan dukungan dari guru serta orang tua dalam memotivasi siswa untuk aktif berolahraga.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Agus, Apri. 2013. Manajemen Kebugaran Jasmani. Padang: Sukabina Press.
Anas Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arsil. (2019:9). Pembinaan Kebugaran Jasmani. Padanje PT. Rajagrafindo Persada.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20(2), 97-106.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16–27.
Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training (6th ed.). Human Kinetics.
Darmawan, I. (2014). Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.
Deswandi, dkk. (2013). Bahan Ajar Teori Dan Praktek Kesegaran Jasmani. Padang: FIK UNP
Fahey, T. D., Insel, P. M., & Roth, W. T. (2020). Fit & Well: Core Concepts and Labs in Physical Fitness and Wellness (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Gibney, M. J., Margetts, B. M., Kearney, J. M., & Arab, L. (2015). Introduction to Human Nutrition. John Wiley & Sons.
Hardiansyah, S. (2018). Pengaruh Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjakora, 4(2).
Joyce and Weil. (2012). Model-model pembelajaran: menggembangkan propesional guru. Edisi kedua. Terjemahan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Krik, David. (2021). Physical Education Futures: New Perspectives on the Role of Sport in Education Routledge.
Marta, I. A., & Oktarifaldi, O. (2020). Koordinasi mata-kaki dan kelincahan terhadap kemampuan dribbling sepakbola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 1-14.
Muhajir. (2016). Pendidikan Jasmani. Olahraga dan Kesehatan Kelas VII. Jakarta: CV Putra Nugraha.
Mutohir, T.C., & Mukhlis. (2018). Pendidikan Jasmani Adaptif: Teori dan Praktek. Surabaya: Unesa University Press
Nasrullah, A. (2021). Konsep Kebugaran Jasmani dalam Konteks Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Nurhasan. (2015). Pengertian Kebugaran Jasmani. Dalam Damar Prawira dan Taufiq Hidayat (Eds.), Kebugaran Jasmani (hlm. 604).
Kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Setyawan, A. W. (2018). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 1 Sampang (Studi pada siswa kelas VII). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2).
Utami, S. R. (2013). Gizi dan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wiarto, Giri. (2015). Panduan Berolahraga untuk Kesehatan dan Kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widodo, J. (2018). Metodologi Penelitian: Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methods. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.