Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aulia Ardila Rusda
Sepriadi Sepriadi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya kebugaran jasmani siswa kelas Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebugaran jasmani siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.


 Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran realita yang ada tentang kebugaran jasmani. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya berjumlah 869 Siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 32 siswa yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Pengambilan data didapatkan melalui tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase E-F yang terdiri dari bebarapa tes, yang meliputi: Koordinasi mata tangan, kecepatan reaksi, daya ledak, kekuatan otot, Daya Tahan kardiorespirasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi atau teknik presentase.


Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa dari 32 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, 6 siswa atau (18,75%) berada pada kategori “ sedang”, 17 siswa atau (53,125%) berada pada  kategori “ kurang”, dan 9 siswa atau (28,125%) berada pada kategori “ kurang sekali”. Dengan demikian, secara keseluruhan, kebugaran jasmani siswa kelas XI tergolong dalam kategori “ kurang ”. Temuan ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan aktivitas fisik siswa agar mencapai kebugaran yang lebih optimal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rusda, A., & Sepriadi, S. (2025). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jurnal JPDO, 8(12), 3891-3991. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.12.2025.39

References

Afizi, R, Deswandi, Damrah & Eldawaty (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta didik Kelas Viii Madrasah Tsnawiyah Negeri 4 Kota Padang.Jurnal Pendidikan dan Olahraga(JP&O). Vol: 6 No: 4. ISSN 2722-828.
Arifin, Z. 2018. Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Al- Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 22-29
Arsil. (2018). Pembinaan Kebugaran Jasmani. Depok : PT Raja Grafindo.
Arsil. (2019). Kebugaran Jasmani untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arsil. (2019). Pembinaan Kondisi Fisik. Padang: FIK UNP
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143-154.
Deswandi, dkk. (2013). Aspek fisiologis dalam kebugaran jasmani. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Elza, F. L., Firdaus, K., Darni, D., & Wulandari, I. (2023). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Kelas VIII Siswa SMP Negeri 25 Padang. Jurnal JPDO, 6(3), 156-162.
Fardiansyah,R., Firdaus,K., Pitnawasi., Wahyuti,A.S (2023). Tinjauan kebugaran jasmani siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan danOlahraga(JP&O). Vol: 6 No:9 . ISSN 2722-8282.
Hikmat. (2017). Kesehatan dan Kebugaran Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Ihsan,M., Asnaldi.A., Sepriani,R.,Febrian,M (2025). Tinjauan Tingkat jaasmani siswa sekolah menangah pertama Negeri 9 Padang. Jurnal Pendidikan danOlahraga(JP&O). Vol: 8 No:10. ISSN 2722-8282.
Ikram, F., & Firdaus, K. (2020). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama 16 Padang. Jurnal JPDO, 3(6), 1-6.
Januarianto, F. A., & Warthadi, A. N. (2023). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(2), 149–154.
Kadar. (2018). Fisiologi Olahraga dan Kebugaran Jasmani. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Katzmarzyk, Peter ,.T 2018 Physical activity for children and youth.: national physical activity plan. Washington, dc.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2021). Panduan TKSI Tes Kebugaran Siswa Indonesia Fase E - F (SMA/SMK). Jakarta PPPTK PENJAS DAN BK.
Lebo, Yuriske, and Hendrik S. Mandagi. "TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SMA NEGERI 2 TONDANO TAHUN AJARAN 2023." Olympus: Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi 5.1 (2024): 174-178.
Piri, N., Mandagi, H. S., & Meneri, D. (2023). Kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tondano. Olympus: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 4(1).
Sepriadi, dkk. 2017. Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Nasional.
Sepriadi, S. 2017. Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Penjakora, Vol 4 No 1:77-89.
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. 2017. Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistiyono, A. Agus (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, No. 2.
Swarjana, K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Ypgyakarta: ANDI.
Wiarto, G. (2013). Panduan Berolahraga Untuk Kesehatan dan Kebugaran. Yogyakarta: Grha Ilmu.