Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Materi Rolling Depan Di SD IT Ridhotullah
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh media pembelajaran guru yang kurang bervariasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap minat dan hasil belajar belajar siswa pembelajaran senam materi rolling depan di SD IT Ridhotullah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-experimental design). Desain yang digunakan adalah "Pretest-Posttest Control", membandingkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa media pembelajaran video, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada SD IT Ridhotullah berjumlah 87 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling adalah siswa kelas 4 sebanyak 16 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa instrumen angket.
Berdasarkan hasil penelitian, Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap minat dan hasil belajar. Adapun Uji Independent Sample T Test diperoleh hasil Signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, selanjutnya uji MANOVA diperoleh hasil Signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil minat dan hasil belajar belajar pada siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis video dan pembelajaran secara konvensional.