Pengaruh Alat Bantu Modifikasi Bidang Miring Terhadap Kemampuan Rolling Depan Siswa MTsN 4 Mandailing Natal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

sangkot matua riski
Zulbahri Zulbahri

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan yang bertujuan mengembangkan keterampilan motorik, kebugaran jasmani, serta membentuk sikap disiplin dan percaya diri siswa. Salah satu materi dalam pembelajaran pendidikan jasmani adalah senam lantai, di mana gerakan rolling depan sering menjadi tantangan karena siswa cenderung merasa takut atau kurang percaya diri. Penggunaan alat bantu modifikasi bidang miring diharapkan dapat mempermudah penguasaan teknik, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan kemampuan rolling depan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat bantu modifikasi bidang miring terhadap kemampuan rolling depan siswa kelas VIII A MTsN 4 Mandailing Natal. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain One Group Pretest–Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan rolling depan diperoleh melalui tes praktik sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan penggunaan alat bantu bidang miring. Analisis data dilakukan dengan uji-t setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan rolling depan, ditunjukkan oleh rata-rata nilai pretest sebesar 6,32 dan posttest sebesar 13,28. Hasil uji-t memperoleh Thitung = 12,47 > Ttabel = 2,06 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya, penggunaan alat bantu modifikasi bidang miring berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan rolling depan siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media bidang miring dalam pembelajaran senam lantai untuk meningkatkan keterampilan motorik dan kepercayaan diri siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
riski, sangkot, & Zulbahri, Z. (2026). Pengaruh Alat Bantu Modifikasi Bidang Miring Terhadap Kemampuan Rolling Depan Siswa MTsN 4 Mandailing Natal. Jurnal JPDO, 9(4), 917-926. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.2026.83

References

Adlan, D., Hidayat, A. S., & Fahrudin, F. (2021). Survei Self Confidence Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa di MTs Al Kautsar Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 19–27.
Andriyani. (2012). Cara Mudah Mengajarkan Senam Lantai. SD Kasihan.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana , 4 (1), 17 - 29.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Asnaldi, A. (2020). Hubungan Kelentukan dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bolavoli. PAJU: Physical Activity Journal, 1(2), 160-175. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2556.
Besse, A., RiswantoRiswanto, M. P., Ahmad, M. P., & Ahmad, M. P. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Roll Depan Melalui Modifikasi Matras Pada Siswa Smpn 8 Palopo (Doctoral dissertation, Universitasmuhammadiyahpalopo).
Firdaus, D. M., Arifin, Z., & Sonjaya, A. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Roll Depan Melalui Variasi Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sukaraja. Holistic Journal Of Sport Education, 4(1), 26-34.
Glynn, B., Laird, J., Herrington, L., Rushton, A., & Heneghan, N. R. (2022). Analysis of landing performance and ankle injury in elite British artistic gymnastics using a modified drop land task: A longitudinal observational study. Physical Therapy in Sport, 55, 61–69.
Hadjarati, & Haryanto. (2020). Pembelajaran senam lantai. (dikutip dalam Aji, I. P., 2023. STKIP Pacitan Repository)
Indra, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Roll Ke Depan Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 9 Mandau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Jamilah, S., Wahyuri, A. S., & Putra, A. N. (2024). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Adabiah Padang. Jurnal Jpdo, 7(4).
Kurniawan, H. F., & Gusti, S. (2024). Hubungan Kekuatan Otot Tangan dengan Kemampuan Meroda pada Materi Senam Lantai Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang. Jurnal JPDO, 7(6), press.
Slavin, R. E. (2016). Educational psychology: Theory and practice (11th ed.). Pearson EducationEn Sari, E. (2021). Menggali potensi senam dan ritmik dalam pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Olahraga,1(4).

Siregar, A. Y. S., & Widowati, A. (2022). Efektivitas Bidang Miring Pada Mata Pelajaran Senam Lantai Gerakan Rol Depan Siswa SDN 93 Kota Jambi Secara Blended Learning. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 70–78.https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19209
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta Kusuma
Sunan, R. (2016). Hubungan Kekuatan Otot Lengan, Kelentukan Togok Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Guling Depan Kelas Iv Dan V Sd N Kraton Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 9(2), 10.
Zulbahri, Z. (2016). Pengaruh Pendekatan Bantuan Langsung Terhadap Keterampilan Handstand. Edu Research, 5(2), 105-112.
Zulbahri, Z., & Astuti, Y. (2020). Pengembangan Media Belajar Pjok Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 86-91.
Zulbahri, Z., Astuti, Y., Sasmitha, W., Pitnawati, P., Erianti, E., Damrah, D., & Rosmawati, R. (2022). The Effectiveness Of Developing Gymnastics Learning Media With The Application Of Teileren And Global (Ganze) A Method Based On Lectora Digital. Linguistics And Culture Review, 248-263.