Tingkat Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Genta Hidayatullah
Muhammad Arnando
Khairuddin Khairuddin
Indri Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran PJOK, yang berdampak pada pencapaian hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada 33 siswa sebagai sampel dari 125 siswa total populasi. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tingkat motivasi siswa berada dalam kategori “kuat” dengan persentase rata-rata sebesar 78,29%. Indikator dengan persentase tertinggi adalah kegiatan belajar yang menarik (83,52%) dan penghargaan belajar (82,07%), sedangkan indikator dengan persentase terendah adalah harapan dan cita-cita (73,70%). Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan cukup diminati siswa dan berpengaruh terhadap motivasi belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan metode pembelajaran yang interaktif dan penyediaan fasilitas yang memadai guna mempertahankan serta meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hidayatullah, G., Arnando, M., Khairuddin, K., & Wulandari, I. (2025). Tingkat Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal JPDO, 9(4), 927-936. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.20261.84

References

Acharya, A. S., Prakash, A., Saxena, P., & Nigam, A. (2019). Sampling: Why and how of it. Indian Journal of Medical Specialties, 4(2).
Asnaldi, Arie, and Hilmainur Syampurma. (2020). Pengaruh Permainan Kecil terhadap Motivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan." Sport Science: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani.
Bangun, S. Y. (2018). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Cerdas Sifa.
Emral, Erizal Nurmai., Wahyuri & Asep S. (2019). Pengaruh Latihan Naik Turun tangga Terhadap Kemampuan Tendangan Dwi Chagi Atlet Taekwondo Pemusatan Latihan Daerah Sumatera Barat. Jurnal MensSana. 4(1).
Ernawati, I. (2022). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2).
Herwati. (2023). Motivasi dalam Pendidikan (Konsep Teori Aplikasi). 11-12.
Khairuddin, K. (2021). Diagnosis Psikologi dalam Proses Rekrutmen Calon Paskibraka Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(1).
Kurniawan, A., & Kibadra, K. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 22 Padang. Jurnal JPDO, 3(10).
Kusfandari, R., Erianti, E., Firdaus, K., & Sepriani, R. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 30 Air Dingin. Jurnal JPDO, 5(7).
Mislan, & Santoso, D. A. (2024). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. In Lantanida Journal
Nando, M. A. (2018). Pengaruh Latihan Ledder Drill (Agility) terhadap Kemampuan Footwork Bulutangkis Mahasiswa Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negri Padang. Jurnal Performa Olahraga.
Novrizal, D., Pitnawati, P., Arsil, A., & Arnando, M. (2022). Hubungan Motivasi Latihan dengan Kondisi Fisik Atlet Sepakbola Andaleh Fc Kabupaten Tanah Datar. Jurnal JPDO, 5(6).
Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2).
Salim, M. S., Tomi, A., Sari, Z. N., & Hariyoko, H. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sepak Bola Dengan Hasil Belajar PJOK Siswa SMP. Sport Science and Health, 4(11), 1034–1039.
Saputra, R., Arsil, A., Asnaldi, A., & Apriyano, B. (2025). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar PJOK Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Candung Kabupaten Agam. Jurnal JPDO, 8(1) .
Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Syardiansyah. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM 4 Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5(1).
Wulandari, Indri, et al. (2021). The Effect Arm Muscle Explosive Power and Self Confidence to Speed of Service. Jurnal MensSana.