Hubungan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gunung Talang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Ikhwan
khairuddin khairuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VIII di SMPN 3 Gunung Talang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Data diperoleh dari penyebaran angket sebanyak 24 butir soal menggunakan skala likert 5 dan data hasil belajar diambil dari nilai lapor semester peserta didik. Angket di isi oleh 110 peserta didik. Analisis dilakukan secara manual menggunakan microsoft excel yang mencakup validitas, reabilitas, Hubungan Motivasi belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar r = 0,160, diperoleh t hitung < t tabel, t hitung = 1,684 < t tabel = 1,982. Temuan ini menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ikhwan, M., & khairuddin, khairuddin. (2025). Hubungan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gunung Talang. Jurnal JPDO, 8(9), 1087-1096. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.5.2026.109

References

Ali Umar, Syamsuar Abbas, Syahrastani."HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES DI SD NEGERI 40 SUNGAI LAREH KOTA.PADANG. “Jurnal Menssana, Volume 3, Nomor 2, Nov, 2018
Ambarita, Desi Ratnasari, Dhita Adriani Rangkuti, Elisati Elisati, dan Verawaty Verawaty. 2021. “Motivasi Internal, Motivasi Eksternal dan Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Guru di SMA Free Methodist Medan.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora 5 (1): 140–46. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.35129.
Hayyi, Abdul, Zurqoni, dan Rhendica. 2023. “Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam sekolah menengah pertama di Samarinda.” JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan 12 (1): 261–73.
Nidawati. 2024. “Penerapan Motivasi Dalam Proses Pebelajaran.” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam 2 (3): 317–26. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.388.
Pasaribu, Laura Andarini, Nurlaili Afsari Tanjung, Putri Irmayani, Syahrial Syahrial, Jl William, Iskandar V Ps, Kenangan Baru, Kec Percut, Sei Tuan, dan Kabupaten Deli Serdang. 2024. “Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Aktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Pendidikan 1 (2): 101–7. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.111.
Rahmadania, Anisyah, dan Hery Noer Aly. 2023. “Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5 (4): 261–72. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17456.
Sulastri, Imran, dan Arif Firmansyah. 2019. “Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Kreatif Online 3 (1): 90–103.
Febby Patricia Siregar Syahrastani, Yuni Astuti, Ade Zalindro. Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Modifikasi Permainan Bola Kecil Kelas X Di SMAS Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga: Volume 8 No 10 September 2025
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self‐determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well‐being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Sackett, P. R., & Yang, H. (2000). Correction for range restriction: An expanded typology. Journal of Applied Psychology, 85(1), 112–118. https://doi.org/10.1037/0021-9010.85.1.112
Moh. Kasiram. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press,2010.

Khairuddin, k., Masrun, M., Bakhtiar, S.,&., Syahruddin, S, (2023). An analiysis of the learning Implementation of physical education in junior high schools. Jurnal Cakrawala Pendidikan,42(1), 241-253. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v42il.54606.
Berto Apriyano, 2017 Kontribusi Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) pada Pelajar SMP Pertiwi Siteba Padang, Jurnal Menssana: Vol. 2, NO. 2, Mei 2017.

Syahrastani,,(2010). Motivasi Siswa dalam Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jurnal JDPO, 5(6), 67-73.

Arie Asnaldi, 2018. Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana: Vol 3, No 2, Nov, 2018