Profil Sarana dan Prasarana Media Pembelajaran dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X Di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Sungai Tarab
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil sarana dan prasarana, media pembelajaran, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Keberhasilan pembelajaran PJOK sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana prasarana yang memadai, penggunaan media pembelajaran yang tepat, dan partisipasi aktif siswa.Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 30 siswa kelas X yang dipilih secara random sampling dari populasi 264 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert 5 poin dengan 40 item pernyataan. Data dianalisis menggunakan teknik distribusi frekuensi dan dikategorikan berdasarkan kriteria Riduwan (2015). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sarana dan prasarana PJOK berada pada kategori tinggi dengan capaian 69%; (2) Media pembelajaran PJOK berada pada kategori sangat tinggi dengan capaian 79%; (3) Partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK berada pada kategori sangat tinggi dengan capaian 85%. Secara keseluruhan, profil pembelajaran PJOK mencapai 77% yang termasuk kategori tinggi. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran PJOK di SMA N 1 Sungai Tarab sudah berjalan dengan baik dan efektif. Mayoritas siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Diperlukan peningkatan pengadaan sarana prasarana, pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran, dan variasi kegiatan untuk hasil optimal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
RajaGrafindo Persada.
Agus S. Suryobroto. (2004). Diklat Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Ariyanto. (2024). Hubungan partisipasi siswa dan motivasi belajar dalam mata pelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar.
Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan Dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1–15.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2015). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Sarjiyanto, & Sujarwadi. (2014). Sarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Yogyakarta: UNY Press.
Herka Maya Jatmika. (2005). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.
Husdarta. (2015). Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Hardiansyah, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Samsudin. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Saryono. (2008). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina aksara.
Suryono, & Bangun Sri Hutomo. (2016). Prasarana Olahraga. Jakarta:
Pratama, A., & Wisnu, K. (2019). Sarana dan prasarana pembelajaran PJOK. Global Journal Sport Science, 2(1), 45–53
Widiastuti. (2017). Media Pembelajaran PJOK. Jakarta: PT Bumi Aksara.