Analisis Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sarolangun

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Della Anggriani
Weny Sasmitha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas X di SMK Negeri 2 Sarolangun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan survei melalui Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) fase E. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 88 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi enam item tes yaitu: hand and eye coordination, vertical jump, T-test, hand touch reaction, dipping test, dan beep test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada dalam kategori kurang dan sangat kurang dalam kebugaran jasmani. Tidak ada peserta didik yang mencapai kategori baik atau baik sekali. Hanya sebagian kecil siswa yang berada dalam kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan aktivitas fisik terstruktur melalui pembelajaran PJOK dan kegiatan ekstrakurikuler

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Anggriani, D., & Sasmitha, W. (2026). Analisis Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sarolangun. Jurnal JPDO, 9(4), 907-916. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.2026.82

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Armen, M. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD Negeri 13 Muara Siberut
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17.

Asnaldi, A., D. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Menssana 3, 16–27.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Asnaldi, A., Zulman, & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motoric Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Menssana, III(2), 16-27.
Farid, M., Dolores, J., & Nasution, H. (2017). HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN KEDONDONG I KECAMATAN TULANGAN KABUPATENSIDOARJO Muhammad Farid Juanita Dolores Hasiane Nasution. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05, 762–765.
Handayani, Widya. (2018). Hubungan Antara Koordinasi Mata Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Dengan Ketepatan Hasail Service Forehand Dalam Permainan Bulu Tangkis Pada Peserta Ekstrakulikulerdi SMA Negeri 2 Kayuagung. Wahana Didaktika
Dari, I. W., & Arnando, M. (2019). Contribution of Arm Muscle Explosion Power to Speed of Tennis Service. Jurnal Performa Olahraga, 4(01), 19-28
Fajriyudin, M., Aminudin, R., & Fahrudin, F. (2021). Pengaruh Metode Continuous Running Terhadap Peningktan Daya Tahan Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 51–59.
Hariadi, R., & Mardela, R. (2020). Pengaruh Latihan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Smash. Jurnal Patriot,2(3), 898-906
Nurcahyo, E., & Nasution, J. D. H. (2018). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas XI (Sebelas) SMA Muhammadiyah 1 Babat Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(01), 88–93.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). (2024). Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) 2024. Pusat Pendidikan dan Kebugaran Jasmani.
Putra, A., & Lawanis, H. (2022). Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Sepakbola SMA Negeri 3 Solok Selatan. 5(10), 7-13
Rama Hendrayana (2020). Hubungan Minat Profesi Keguruan Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Angkatan 2017. Jurnal Ilmiah UPI, 1(2), 26–37.
Ramadhana, A.R (2017). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya Dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 05, Nomor 01
Sasmitha, W., Suwirman, Arifan, I., & Dessi Purnama, S. (2020). Pencak Silat Basic Motion Learning Through Tactical Approach for Junior High School Students. 460(Icpe 2019), 188–191. https:// doi. org/ 10.2991 /assehr. k . 2 0 0 805.052
Sudijono, A. (1992). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Sugiyono, (2020). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: IKAPI
Wana, D. T., Bhaktiar, S., & Syahputra, R. (2022). Profil koordinasi gerak siswa sekolah dasar usia 9-12 tahun di SD Negeri 35 Batu Hampar Koto XI Tarusan. 5(9), 47–52.