Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Bolavoli Di Sekolah Menengaah Atas Negeri 1 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fera Fitri Yanti
Damrah Damrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berbasis multimedia pada materi bola voli untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota karena rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK, khususnya materi bola voli.


Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dari ahli materi dan media, serta tes pre-test dan post-test kepada siswa. Validasi dari ahli materi dan media menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat tinggi dengan skor masing-masing sebesar 93% dan 90%. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari rata-rata nilai pre-test (67,6) ke post-test (78,8), dengan hasil uji t menunjukkan nilai t_hitung > t_tabel (42,86 > 1,775).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yanti, F., & Damrah, D. (2026). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Bolavoli Di Sekolah Menengaah Atas Negeri 1 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal JPDO, 9(1), 576-585. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.59

References

Arsil (2018:5). Bahan Ajar Pengetahuan Umum Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang : FIK UNP.

Arsyad, A. (2018, Juni). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Teni Nurrita, 03(1), 174.

Asnaldi, A. (2020). Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 23-35.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.

Astuti, Y. (2023). Penguasaan Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bolavoli Siswa. Jurnal Penjakora, 10(1), 46-54.

Berto Apriyano. (2017). Kontribusi Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) pada Pelajar SMP Pertiwi Siteba Padang. Jurnal Menssana Vol. 2, NO. 2.

Brazendale K, et al. (2017). Understanding Differences Between Summer Vs. School Obesogenic Behaviors Of Children: The Structured Days Hypothesis, International Journal Of Behavioral Nutrition And Physical Activity, 14 doi.Org/10.1186/S12966- 017-0555-2

Damrah (2018:5) Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Padang: FIK UNP. Depdiknas

Damrah. 2020. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Masa New Normal Covid19. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2)

Destiani dkk. (2020). Teknik Pembelajaran Permainan Bola Voli Mix. Palembang: Bening Media Publishing

Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota PadanG. Jurnal MensSana, 3 (1), 48-66.

Erianti & Yuni Astuti (2019:127). Buku Ajar Bolavoli. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Padang.

Jihat & Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Ix. Jurnal Madia Imfotama, 14(1).

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sari, D. N. (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Pendidikan Keolahragaan.

Utami, Khairuddin Mahrus M. (2020). Perbedaan hasil belajar biologi siswa pada penggunaan media video dengan media powerpoint melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 5(2), 96-101. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.120

Willadi Rasyid. (2011). Strategi Model Pembelajaran Penjaskesrek. Padang. Sukabina Press.
Yusmawati, Rihatno T & Rismawati. (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Melempar Dengan Media Audio Visual pada Siswa kelas III SD N 03 Jelambar Baru Jakarta Barat. Jurnal SEGAR Volume 8 Nomor 2, http://journal.unjac.id/unj/index.php/segar/article/view/15429