Pengembangan E-Modul Sepak Bola Materi Passing Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agung Gusti Adil
Darni Darni

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di SMP Negeri 1 Enam Lingkung, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik. Guru cenderung hanya menggunakan buku paket dan media konvensional, serta belum memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul Sepak Bola Materi Passing pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk siswa SMP kelas VIII.


Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) menggunakan ADDIE model melalui 5 tahap yang disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian yaitu (1) menganalisis, (2) desain/perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) eksikusi (implementasi), dan (5) evaluasi. Penelitian ini dibantu oleh beberapa validator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan skala penilaian dan rentang persentase.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul Sepak Bola Materi Passing sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi ahli bahasa sebesar 97,5%, ahli media sebesar 86,6%, dan ahli materi sebesar 90%. Sementara itu, hasil dari respon siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 91,78%, juga dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, E-Modul ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran PJOK.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul Sepak Bola Materi Passing termasuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi ahli bahasa sebesar 97,5%, ahli media sebesar 86,6%, dan ahli materi sebesar 90%. Sementara itu, hasil dari respon siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 91,78%, juga dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian, E-Modul ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Enam Lingkung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adil, A., & Darni, D. (2026). Pengembangan E-Modul Sepak Bola Materi Passing Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 9(1), 466-475. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.48

References

Aguss, R. M. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk Pembelajaran Sepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 43-53.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29.
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2020). Deskripsi status gizi dan tingkat kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 75-84.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1).
Damrah, D., Syamsuar, S., & Saputra, M. (2024). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Batusangkar Gudep 03.04. 05. 373/374. Jurnal JPDO, 7(11), 2440-2448.
Darni, D. (2025). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani siswa kelas VIII di SMPN 7 Kota Pariaman. Jurnal JPDO, 8(9), 2893-2902.
Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424.
Darni, D., Hardiansyah, S., & Lawanis, H. (2025). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal JPDO, 8(9), 3051-3060.
Darni, F. U., & Edwarsyah, F. U. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Masase Dasar Mahasiswa Fik Unp. Jurnal MensSana, 3(1), 473101.
Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota PadanG. Jurnal MensSana, 3(1), 48-66.
Emral, E., Arsil, A., & Lawanis, H. (2023). Pengaruh model latihan Filanesia terhadap kemampuan teknik dasar sepakbola di SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Jpdo, 6(6), 1-8.
Gusril. (2016). Penelitian dan Pengembangan dalam Ilmu Keolahragaan. Jakarta: Kencana.
Miarso, Y. (2018, Juni). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Nur, N. Nirwandi, and A. Asmi. (2018). “Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMA N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar”, JM, vol. 3, no. 2, pp. 93-101.
P. Pitnawati and D. Damrah, “Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam Di Klub Senam Semen Padang”, JM, vol. 4, no. 1, pp. 9-16, May 2019.
Sari, D. N. (2020). Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138.
Saputra, M., & Okilanda, A. (2022). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Pariaman. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 446-457.
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194-206.