Penerapan Media Vidio Dalam Materi Senam Lantai Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 7 Merangin
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahui bagaimana penerapan media video dalam materi senam lantai pada siswa kelas VIII MTS Negeri 7 Merangin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui seberapa baik penerapan media video dalam materi senam lantai pada siswa kelas VIII MTS Negeri 7 Merangin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada MTS Negeri 7 Merangin. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, dengan demikian jumlah sampelnya adalah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala like. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Kesimpulan dari pernyataan angket oleh siswa terkait penerapan media video dalam materi senam lantai pada siswa kelas VIII di MTS Negeri 7 Merangin ditemukan bahwa pendahuluan terdapat 3 siswa yang menyatakan “Baik Sekali’’. kategori “Baik” terdapat 10 siswa. Sedangkan 8 orang siswa menyatakan “Cukup”. kategori “Kurang” terdapat 4 orang siswa. tidak ada siswa menyatakan “Kurang sekali”. Sedangkan pada pelaksanaan terdapat 1 siswa menyatakan “Baik Sekali”. kategori “Baik” terdapat 8 siswa. Sedangkan 11 siswa menyatakan “Cukup”. kategori “Kurang” terdapat 5 siswa. tidak ada siswa menyatakan “Kurang sekali” . Pada penutup,terdapat 4 siswa yang menyatakan “Baik Sekali”. Pada kategori “Baik” terdapat 6 orang siswa. Sedangkan 11 orang siswa menyatakan “Cukup”. kategori “Kurang” terdapat 4 orang siswa, kemudian tidak ada siswa menyatakan “Kurang sekali”.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Afrilia, L. A. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 11-24.
Amien, M. (2022). Faktor- faktor yang berhubungan dengan hasil belajar penjas di SMP Negeri 3 Cikarang Utara. Pendidikan dan Konseling, 6001-6002.
Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsil, A. (2018:192). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang: Wineka Media.
Ashidqy, A. Z. (2023). FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PESERTA DIDIK MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI. Jurnal Penjakora, 16- 17.
Deswandi, F.-U. &. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal MensSana, 3(1), 48–66.
Gusti, H. S. (2019). Peranan Psikologi Olahraga dalam Pencapaian Prestasi Atlet Senam Artistik Kabupaten Sijunjung. Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Volume 2 Nomor 2.
Hamalik. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksa.
Handayani. (2022). Program Peningkatan Pengembangan Kewirausahaan (Ppk) Pengusaha Muda Fakultas Ilmu Keolahragaan Melalui Pembinaan, Pelatihan, dan Fasilitas Menjadi Pengelola Sanggar Senam Aerobik,Senam Lansia dan Senam Hamil. Berkarya dan pengabdian masyarakat, 4-16.
Handayani, S. (2020). Pengaruh Pemberian Arahan Terhadap Peningkatan Fokus Siswa Saat Penggunaan Media Video pada Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(2), 55-62.
Hidayatul Akbar, S. G. (2023). Tinjauan Implementasi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Senam Lantai Meroda DI SMPN 2 Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 2372- 2381.
Igoresky, A. (2022). Tinjauan Pembelajaran Senam Lantai Rolling Belakang dalam Mata Pelajaran PJOK Di SMP N 29 Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 1-5.
Isnaeni Mahmudah, A. D. (2022). FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN. CITIUS: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 96- 97.
Karlina Dwijayanti, Y. K. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Interaktif pada GerakanSenam Lantaiuntuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 37- 49.