Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Kelas XI di SMA N 3 Mandau
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalahpeserta didik dalam mengikuti dalam mengikuti pembelajaran PJOK bersifat pasif dan hanya menyimak saja, serta peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK mempunyai kecerdasan emosional yang rendah, akibatnya hasil belajar yang kurang maksimal yang terjadi pada proses pembelajaran mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK kelas XI SMAN 3 Mandau. Jenis penelitian adalah korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa PJOK kelas XI SMAN 3 Mandau sebanyak 86 orang. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk kecerdasan emosional menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar PJOK diambil dari nilai rapor semester 2 tahun pelajaran 2024/2025 mata pelajaran PJOK siswa yang terpilih sebagai sampel. Data dianalisis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PJOK siswa kelas XI SMAN 3 Mandau, ditandai dengan hasil yang diperoleh rhitung 0,413 > rtabel 0,207, berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A. (2019b). Jurnal Guru Peneliti Profesional ISSN (dalam proses) ISSN (dalam proses) The Relationship Of Arrow Muscle Explosion, Balance And Balance To The Ability Of Front Handspring. Jurnal Guru Peneliti Professional , 3(2), 102œ113. https://doi.org/10.34004
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20(2), 97-106.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Chang, Y., Tsai, Y., & Adair, D. (2022). The Effect of University Students ’ Emotional Intelligence, Learning Motivation and Self-Efficacy on Their Academic Achievement — Online English Courses. 13(February), 1–11.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.
HALILI, M. 2020., PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI SEPAK BOLA UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA SMARTHPHONE BERBASIS APLIKASI ANDROID.
Jannah, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii B Smp Negeri 5 Kotabaru Tahun Pelajaran 2019/2020. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 21-30
Khoirunikmah, B., Marmoah, S., & Indriayu, M. (2022). The Effect Of Social Skills And Emotional Intelligence. 14(2), 877–894.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Prasetyo, J. H., Mandiri, U. N., Riyanto, S., & Buana, U. M. (2020). The Effect of Emotional Intelligence, Learning Interest, and Discipline on Students Learning Outcomes in SMP Negeri 141 Jakarta. July.
Ramdani, A., & Hadisaputra, S. (2022). Analysis of Emotional Intelligence and Learning Outcomes of Students in Science Learning. 8(2).
Ricardo,Rini Intansari Meilani.(2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1 Hal. 79-92
Samsudin, E. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa (Survey Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kecamatan Telagasari – Karawang). Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 29–39.
Saryono, & Rithaudin, A. (2016). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGFU) terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2), 144–151.
Siregar, N., & Siregar, N. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar pada Matakuliah Matematika-II. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 137–148.
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).
Surahni. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral. University Research Colloquium Universitas Muhammadiyah Magelang
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9..