Profil Kebugaran Jasmani Siswa SMA Negeri 8 Kota Padang Tahun Ajaran 2024-2025

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tevan Nugroho
Syahrial Bakhtiar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahui kebugaran jasmani siswa-siswi SMA Negeri 8 Padang dan masih banyak juga siswa-siswi yang belum mengetahui antara aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan aktivitas fisik yang bukan untuk meningkatkan kebugaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa-siswi SMA Negeri 8 Padang.  Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa siswa dari kelas X dan XI SMA Negeri 8 Padang berjumlah 684 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik propotional stratifed random sampling . Sampel dalam penelitian nantinya dipilih yaitu sebanyak 67 orang. Instrument penelitian kebugaran jasmani yaitu, koordinasi mata tangan dengan tes hand and eye coordination test, kecepatam reaksi dengan tes hand touch reaction test, kelincahan dengan tes T test, daya ledak otot tungkai dengan tes vertical jump, daya tahan otot lengan dan bahu dengan tes dipping test, daya tahan kardiorespirasi dengan tes bleep test,. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi dengan perhitungan persentase P = F/N x100%. Hasil penelitian bahwa (1) Kebugaran jasmani siswa putra SMA Negeri 8 Padang tahun ajaran 2024-2025 berada pada kategori Kurang. (3) Kebugaran jasmani siswa putri SMA Negeri 8 Padang tahun ajaran 2024-2025 berada pada kategori Kurang (3) kebugaran jasmani siswa-siswi SMA Negeri 8 Padang tahun ajaran 2024-2025 berada pada kategori Kurang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nugroho, T., & Bakhtiar, S. (2026). Profil Kebugaran Jasmani Siswa SMA Negeri 8 Kota Padang Tahun Ajaran 2024-2025. Jurnal JPDO, 9(4), 987-996. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.2026.90

References

Abdullah, A. et al. (2017) ‘Gambaran Status Gizi dan Asupan Gizi Remaja Santri Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung’, Gizi Aisyah, 5(1), pp. 6–12.
Ángel, M. A., Ramadhan, T., & Suryono, H. (2021). Penguatan nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 12–21.
Ahmad, A., & Azrin, M. (2019). Komponen kebugaran jasmani dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Keolahragaan, 11(1), 12–19.
Afizi, R., Deswandi, D., Damrah, D., & Eldawaty, E. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Viii Madrasah Tsnawiyah Negeri 4 Kota Padang. Jurnal JPDO, 6(4), 155–160.
Alamsyah, D. A. N. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada remaja siswa kelas xi smk negeri 11 semarang, 5, 77–86.
Atradinal, Y., et al. (2022). Pengembangan model aktivitas fisik anak sekolah. Jurnal Sport Science, 9(1), 18–29.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20.
Asnaldi, Richi. 2020. Deskripsi Status Gizi Dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Volume 1, No 1, 75-84.
Bakhtiar, S., Jonni, J., & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Peserta Didik Ekstrakurikuler Olahraga SMP Negeri 30 Padang. Jurnal JPDO, 6(9), 172-180.
Bompa, 2015, Theory and methodology of training, Dubuque, lowa, Publishing Company.
Cahyo, R., & Tahun, E. (2019). Hubungan olahraga dan prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Fisik, 2(1), 13–19.
Cocca, A., Liukkonen, J., Mayorga-Vega, D., & Viciana, J. (2020). Health-related physical fitness and physical activity in physical education: A systematic review. Journal of Physical Education and Sport, 20(1),5–15. https://doi.org/10.7752/jpes.2020.01001
Daud, D., & Idris, M. (2021). Kesehatan dan olahraga remaja. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 77–83.
Dwiyogo, W., & Cholifah, N. (2016). Urgensi PJOK dalam perkembangan siswa. Jurnal Pendidikan, 7(2), 101–110.
Fajar, H., et al. (2023). Olahraga sebagai pembentuk karakter siswa. Jurnal Olahraga, 5(2), 29–37.
Gilang, N., & Widya, M. (2016). Latihan fisik dan kebugaran jasmani. Jakarta: Prenada Media.
Hardiansyah & Syampurma. 2017. Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Ilmul Maarif. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3451–3456.
Ilyas, M. (2020). Efek latihan fisik terhadap ekspresi siswa. Jurnal Psikologi Olahraga, 4(2), 67–74.
Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80.
Natal, L. (2022). Faktor-faktor kebugaran jasmani. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 32–40.
Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 238–249.
Partawa. 2021. Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesia Journal of Educational Development. Vol 2 No. 2: 219-228.
Putra, A. (2021). Panduan Olahraga untuk Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Revandi, I. T. (2020). Pendidikan jasmani dan perkembangan siswa. Jurnal PJOK, 5(3), 76–85.
Rozi, F., et al. (2021). Aktivitas fisik dan kesehatan siswa. Jurnal Olahraga Sekolah, 6(3), 55–63.
Safitri, A., Maghfiroh, I., & Khafis, A. (2021). Kontribusi olahraga dalam pembentukan karakter. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 18–27.
Sepriadi, A. (2023). Kebugaran jasmani dan produktivitas siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 8(1), 45–52.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafi’i, M., Rahman, A., & Lestari, D. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 9(1), 54–62
Widodo, V. P. E. (2021). Perkembangan psikologis remaja dan dampaknya terhadap pendidikan. Jurnal Psikologi Remaja, 6(1), 32–40.
Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Peserta Didik Ekstrakurikuler Olahraga SMP Negeri 30 Padang. Jurnal JPDO, 6(9), 172-180.
Yaslindo, yaslindo, & yaslindo, yaslindo. (2025). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 32 Banuaran Kecamatan Lubuk Bagalung Kota Padang. Jurnal JPDO, 8(5), 981-991.
Yoga, A., & Sena, M. (2021). Hubungan aktivitas olahraga terhadap imunitas tubuh dalam masa pandemi. Jurnal Kesehatan Olahraga Indonesia, 9(2), 101–108.