Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa SDN 25 Koto Panjang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koordinasi gerak siswa Kelas III Di SDN 25 Koto Panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Tes kemampuan koordinasi gerak siswa SDN 25 Koto Panjang dilakukan dengan beberapa tes (balance beam, jumping sideways, moving sideways, eye-hand coordination).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 25 Koto Panjang yang berjumlah 52 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik pengumpulan data mengunakan propotional Total sampling, maka didapatkan sampel penelitian sebanyak 52 siswa. Dari hasil penelitian bahwa dari 52 orang sampel, 5 orang (9,62%) memiliki kemampuan koordinasi gerak berkisar antara >57.29 dengan kategori baik sekali, 13 orang (25,00%) memiliki kemampuan koordinasi gerak berkisar antara 52.43-57.29 dengan kategori baik, 17 orang (32,69%) memiliki kemampuan koordinasi gerak berkisar antara 47.57 – 52.43 dengan kategori cukup, 14 orang (26,92%) memiliki kemampuan koordinasi gerak berkisar antara 42.71-47.57 dengan kategori kurang dan 3 orang (5.77%) memiliki kemampuan koordinasi gerak berkisar antara <42.71 dengan kategori kurang sekali. Penelitian ini menggunakan instrumen KTK (tes koordinasi tubuh untuk anak – anak). Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan dapat dikemukakan kesimpulan bahwa kemampuan koordinasi gerak siswa SDN 25 Koto Panjang, dalam kategori cukup
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A., Zulman, F. ., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik denga Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16–27.
Bakhtiar, S., Khairuddin, O., Syahputra, R., Putri, L. P., & Asnaldi, A. (2020). Pengaruh Keseimbangan Terhadap Tingkat Level Perkembangan Kemampuan Lokomotor Siswa Paud Kabupaten Padang Pariaman. Educatio, 15(1), 12-21.
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Mardiansyah, A., Hendrayana, A. A., & Pion, J. (2020) Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga.
Budiarjo, A., Bakhtiar, S., Emral, E., & Handayani, S. G. (2019). Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung. Jurnal JPDO, 6(5), 147-153.
Budiarjo, Alan, et al. "Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung." Jurnal JPDO 6.5 (2023): 147-153.
Candra, H., Alnedral, A., Gusril, G., Emral, E., Nirwandi, N., & Zarya, F. (2023). The Effect of the Project Based Learning Model with the Case Method and Nutritional Status on Physical Fitness of Learners Class Vii Smpn 21 Padang. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 6(04), 1332-1342.
Emral. (2017). Pengantar Teori & Metodologi Pelatihan Fisik. Kencana Prenada Media Group.
Gallahue, D.L (2019).Understanding Motor Development: Infants, Childeren, Adolescents, Adults (8rd ed.). Burlington, MA: Jones & Bartlett Learning.
Haris, F. (2023). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Otot Lengan Dan Koordinasi Gerak Terhadap Keterampilan Jurus Tunggal Baku Pencak Silat. Jurnal Stamina, 6(2),78–84.
Harsono. (2018). Latihan kondisi fisik untuk atlet dan kesehatan. Rosdakarya
Husman, A., Bakhtiar, S., Asnaldi, A., & Sari, D. N. (2023). Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa/Siswi Kelas IXSekolah Menengah Pertama Negeri 24 Padang. Jurnal JPDO, 6(12), 108-117. In Wineka Media(Pertama). Wineka Media
Isra, Z., & Asnaldi, A. (2020). Analisis Koordinasi Teknik Jump Smash Pemain Bulutangkis PB. Formula Padang Panjang. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 12(1), 45-55.
Sania, A., Arsil, A., & Asnaldi, A. (2023). Rough Motor Skills with Physical Education Learning Results Health Sports. Sport Science: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani, 21(1), 24-34.
Sudadik, S., & Raharjo, H. P. (2021). Survai Tingkat Perkembangan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 17-25.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra dkk (2022). Perturbations For Coaching Implications: A Preliminary Study on Swinging Arm Coordination Instrument During Tennis Forehand Stroke. J. Phys.: Conf. Ser. 2309 012007
Syahputra, R., Mardiansyah, A., Bhaktiar, S., & Jumain. (2021). Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa di Sekolah Dasar Kartika 1-12 Kota Padang. JPDO, Vol. 5 No. 6.
Yulianingrum, T. A. (2021). Manajemen program Tahfiz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Tahfizul Quran istiqomah Sambas Purbalingga (Master's thesis, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia)).
Zainuddin, M. S., AM, A. M., & Hasanuddin, M. I. (2023). Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kecepatan Lari 100 Meter. Jurnal Penjakora, 10(2), 136-143.