Profil Keterampilan Lokomotor Siswa SD Negeri 16 Baringin Kabupaten Tanah Datar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat keterampilan lokomotor siswa di SDN 16 Baringin, Kabupaten Tanah Datar, mengingat belum adanya evaluasi komprehensif terkait aspek fundamental ini sebelumnya. Keterampilan lokomotor, sebagai bagian integral dari keterampilan gerak dasar, merupakan fondasi penting bagi perkembangan fisik dan partisipasi aktif anak dalam berbagai aktivitas jasmani. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilaksanakan pada bulan Mei–Juni 2025 di SDN 16 Baringin. Metode pengambilan sampel menggunakan random sampling, melibatkan seluruh siswa laki-laki dan perempuan, dengan total 30 partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes Test of Gross Motor Development Second Edition, yang secara spesifik mengukur berbagai kemampuan lokomotor. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase untuk mengidentifikasi kategori penguasaan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan lokomotor siswa SDN 16 Baringin secara umum berada pada kategori “Sedang”, ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 29,37 poin. Meskipun terdapat variasi data yang cukup dengan standar deviasi 4,41 dan rentang nilai dari 22 hingga 39 poin, klasifikasi “Sedang” mengindikasikan bahwa mayoritas siswa telah memiliki dasar keterampilan lokomotor yang cukup. Temuan ini memberikan gambaran awal mengenai profil keterampilan lokomotor siswa dan dapat menjadi dasar bagi pengembangan program pendidikan jasmani yang lebih terfokus untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar siswa di masa mendatang.