Penerapan Games Based Learning Pada Pembelajaran Pjok (Gerak Nonlokomotor) Di Sekolah Dasar Islam Unggul Tahfidz Miftahul Huda Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anugrah Anang Wijaya
Damrah Damrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Games Based Learning (GBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) materi gerak nonlokomotor di SD Islam Unggul Tahfidz Miftahul Huda Kota Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes kognitif berbentuk soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, lembar observasi untuk mencatat keterlibatan siswa, dan dokumentasi untuk melengkapi data penelitian. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan paired sample t-test menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 50,00 pada pretest menjadi 85,00 pada posttest, dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penerapan GBL. Selain itu, keterlibatan siswa selama pembelajaran meningkat secara nyata, ditunjukkan oleh keaktifan, kerjasama, dan antusiasme dalam mengikuti kegiatan. Temuan ini membuktikan bahwa GBL efektif diterapkan pada pembelajaran PJOK, khususnya materi gerak nonlokomotor, untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus memotivasi siswa secara aktif berpartisipasi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan GBL secara variatif dan berkelanjutan sebagai strategi pembelajaran inovatif di sekolah dasar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wijaya, A., & Damrah, D. (2025). Penerapan Games Based Learning Pada Pembelajaran Pjok (Gerak Nonlokomotor) Di Sekolah Dasar Islam Unggul Tahfidz Miftahul Huda Kota Padang. Jurnal JPDO, 8(8), 334-343. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.35

References

Fitriyani, N., & Sugiyanto. (2021). Pengaruh Games Based Learning terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 13(2), 88–96.
Sayuti S (2011) Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik-Motorik
Ramadhani, A. (2021). Penerapan Games Based Learning dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 245–256.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science: Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 20(2), 97-106.
Alfarisi, M. F., Bakhtiar, S., Asnaldi, A., & Wulandari, I. (2023). Profil Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Dan Objek Kontrol Siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal JPDO, 6(2), 67-73.
Damrah, D. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah. Jurnal JPDO, 8(6), 2605-2614.
Pamungkas, S. A., Damrah, D., Deswandi, D., & Sasmitha, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pjok Berbasis Multimedia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Padang. Jurnal JPDO, 5(7), 144-150.
Legianto, L., Damrah, D., Syahrastani, S., & Darni, D. (2022). Kebiasaan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal JPDO, 5(6), 67-73.
Arisandi, Y., & Neldi, H. (2023). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Jurnal JPDO, 6(1), 53-58.
Kinantan, K., & Neldi, H. (2025). Profil Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor dan Objek Kontrol Siswa Sekolah Dasar Negeri 33 Koto Taratak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal JPDO, 8(10), 3081-3090.
Budiarjo, A., Bakhtiar, S., Emral, E., & Handayani, S. G. (2023). Karakteristik Kemampuan Koordinasi Gerak Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung. Jurnal JPDO, 6(5), 147-153.
Pitnawati, & Damrah. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Progrsm Latihan Senam Semen Padang. Junral MensSana, Vol. 4 (1) 2019.
Suharsimi, Arikunto (2013:3) Definisi Penelitian Deskriptif dan Cakupan Fenomenanya.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2016). Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Republik Indonesia (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 2896-2910.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.