Pengaruh Modifikasi Permainan Kecil Dengan Menggunakan Alat Terhadap Hasil Belajar Rolling Belakang Siswa SDN 40 Korong Gadang Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan kecil dengan menggunakan alat terhadap hasil belajar gerakan rolling belakang siswa kelas V SDN 40 Korong Gadang Kota Padang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam materi senam lantai, khususnya pada gerakan rolling belakang, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest dan melibatkan 22 siswa sebagai sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan rolling belakang, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya modifikasi permainan kecil dengan alat bantu. Modifikasi yang dilakukan melibatkan penggunaan alat sederhana seperti matras, keranjang, bola kecil, dan cone dalam bentuk permainan kompetitif yang menyenangkan. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran yang dirancang secara kreatif dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar mampu meningkatkan minat, partisipasi, serta pencapaian hasil belajar siswa. Dengan demikian, modifikasi permainan kecil terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK khususnya materi rolling belakang di sekolah dasar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Agus Mahendra. (2001). Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikdasmen
Aisyah, S. (2018). Manfaat senam untuk kesehatan fisik dan mental. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan.
Anggriawan, C. O. Januarto., dan Kurniawan. (2019). Pengembangan pembelajaran teknik dasar guling depan dan guling belakang pada senam lantai melalui multimedia interaktif untuk kelas vii smp negeri 1 sumberpucung kabupaten malang. Jurnal dari Universitas Negeri Malang. Volume 10, No.2.
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan Dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1–15.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Kretchmar, R. S. (2005). Practical philosophy of sport and physical activity. Human Kinetics.
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.
Saputra, F.A., Fasy, N.A., Buwono, R.H., Putra, T.P., Ardhana, N.P., & Tresnowati, I. (2024). Strategi pengaplikasian gerakan teknik dasar roll depan dan roll belakang pada senam lantai yang benar kepada atlet pemula. Jurnal ABDIMAS : MURI.
Sari, D., & Rahmawati, N. (2021). Manfaat senam dasar bagi kesehatan dan kebugaran. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(1), 45-52.
Sari, R. (2021). The Impact of Game Modification on Students' Rolling Skills in Physical Education. Journal of Sports Science and Education, 8(2), 45-52.
Slavin, R. E. (2016). Educational psychology: Theory and practice (11th ed.). Pearson Education.
Sri Gusti Handayani. (2021). Pembelajaran Senam. Universitas Negeri Padang.
Suyanto, M. (2015). Inovasi pendidikan: Pembelajaran yang menyenangkan. Penerbit Andi.
Syah, Muhibbin.1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terbaru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor
20 tahun 2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Wijaya, A. (2024). Pengaruh modifikasi permainan bola voli terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 5(1), 70-77.
Zulbahri. (2020). Pengembangan Media Belajar PJOK Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Padang: FIK.
Zulbahri, Z., Astuti, Y., Sasmitha, W., Pitnawati, P., Erianti, E., Damrah, D., & Rosmawati, R. (2022). The effectiveness of developing gymnastics learning media with the application of teileren and global (ganze) a method based on lectora digital. Linguistics and Culture Review, 248-263.