Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sepak Bola Terhadap Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Raihan Asra Hidayatullah
Kamal Firdaus

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi siswa kelas IX  terhadap permainan sepakbola dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. Tujuan penelitian ini adalah capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa kelas IX terhadap permainan sepakbola dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dilaksanakan pada tanggal 30 Juni–1 Juli 2025 di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. Setelah perhitungan dilakukan, maka didapatkan skor rata–rata motivasi siswa secara keseluruhan sebesar 84%. Berdasarkan kriteria penilaian skor 84% berada pada rentang nilai antara 76% - 85% dengan kategori baik. Oleh karena itu, motivasi siswa kelas IX terhadap permainan sepakbola dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur dapat dikatakan baik meskipun masih terdapat beberapa atau sebagian kecil siswa yang kurang menyenangi permainan sepakbola.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hidayatullah, R., & Firdaus, K. (2025). Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sepak Bola Terhadap Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Jurnal JPDO, 8(8), 293-303. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.20261.31

References

Andari, T. (2015). Perbandingan Metode
Explicit Instruction Dan Student Teams Achievement Division Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sawahan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(2), 1-6.

Aprianova, F., & Hariadi, I. (2017). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro Usia 13-15 Tahun. Indonesia Performance Journal, 1(1).




Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia
Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 261-267.

Asnaldi, A.(2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4 (1).

Asnaldi, A.(2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana 3 (2).

Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143-154.

Daya, W. J. (2015). Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berlatih Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola SSB Padang Junior. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1).

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Siswa SMP Di Semarang. Psikodimensia, 13(1), 115.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.







Husdarta. 2014. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta

Irianto, S. (2011). Standardisasi Kecakapan Bermain Sepakbola Untuk Siswa Sekolah Sepakbola (SSB) Ku 14-15 Tahun Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 7(7), 44-50

Jeprizen, J., Triansyah, A., & Haetami, M. Tingkat Motivasi Peserta Didik Dalam Aktivitas Olahraga Di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11).

Junardi, S., Triansyah, A., Or, M., & Purnomo, E. Motivasi Perserta Didik Dalam Pembelajaran Sepak Bola Di Smp Negeri 24 Pontianak.

Komarudin, 2015. Psikologi Olahraga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Kurniawan, P. B., Pramono, H., & Fakhruddin, F. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sepakbola. Journal of Physical Education and Sports, 5(1), 32-40.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan
Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.

Mukhtarudin, A. (2017). Tingkat Pengetahuan Strategi Dan Taktik Dalam Bermain Sepakbola Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Di SMK Negeri 1 Puring Kebumen. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(3).







Pitrawati, F., & Yuniarni, D. (2016). Analisis Kompetensi Profesional Guru PAUD Di Kecamatan Serasan
Kabupaten Natuna. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4), 1-18.

Rani, N. A. (2013). Hubungan Pelaksanaan
Tugas Guru Sebagai Motivator Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 183 Kecamatan Tampan Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Rantony, I., Saifuddin, S., & Karimuddin, K. (2016). Motivasi Berlatih Atlet UKM Kempo Unsyiah Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 2(2).

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Solihin, A. O. (2016). Profil Tingkat Motivasi Siswa Tunarungu dalam Belajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Olahraga, 2(1), 9-16.

Uno, H. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).