Pengaruh Strategi Pembelajaran Rangkaian Permainan (SPRP) Terhadap Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 14 Padang Aro

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Oksagita
Khairuddin Khairuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran rangkaian permainan (SPRP) terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar lokomotor peserta didik di SDN 14 Padang Aro. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas fisik dan keterampilan gerak dasar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas IV yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan nilai rata-rata pre-test (32,33) menjadi post-test (42,23). Uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan pengaruh positif SPRP terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar. Disimpulkan bahwa SPRP efektif digunakan dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oksagita, A., & Khairuddin, K. (2025). Pengaruh Strategi Pembelajaran Rangkaian Permainan (SPRP) Terhadap Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 14 Padang Aro. Jurnal JPDO, 8(8), 344 -353. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.36

References

Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Oktarifaldi, O., Rasyid, W., & Putri, L. P. (2020). Assistance In Learning Basic Early Childhood Motion Skills For Early Childhood Teachers In Pesisir Selatan Regency. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-13.
Bakhtiar, Syahrial 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.
Darmawan, D., & Winataputra, U. S. (2020). Analisis dan Perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 4(2), 182-197.
Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga Dan Kesehatan di SDN 16 Pisang KecamatanPauh Kota Padang. JurnalMensSana, 3 (1), 48-66.
Diyono, S. A. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran rangkaian permainan terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini. Sporta Saintika, 4(2). https://media.neliti.com/media/publications/326441-pengaruh-strategi-pembelajaran-rangkaian-32cae8de.pdf
Goodway, J. D., & Branta, C. F. (2020). Developmental physical education for all children (5th ed.). Human Kinetics.
Goodway, J. D., Robinson, L. E.,& Crowe, H (under review). 2006. Developmental Delay in Fundamental Motor Skill Development of ethnically Diverse and Disadvantaged Preschoolers, Submitted to Journal Research Quarterly for Exercise and SportGusril. 2015. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Padang. UNP Press.
Khairuddin, K. 2014. The influence of modified games and conventional learning models on the physical fitness of junior high school students. Asian Social Science, Volume 10No 5:136
Khairuddin, K., Masrun, M., Bakhtiar, S.,&., Syahruddin, S, (2023). An analysis of the learning implementantion of physical education in junior high schools. Jurnal Cakrawala Pendidikan,42(1), 241-253. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.54605
Komaini, A., Handayani, S. G., Rifki, M. S., Kiram, Y., & Ayubi, N. (2022). Design of Children's Motor Training Tools Using Sensor-Based Agility Components in Physical Education Learning. 16(05), 207- 215.
Richi, A. P., & Asnaldi, A. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science, 17(2), 92-100.
Riyanto, Y. (2019). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang Membangun Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 30-36.
Sari, D. P., & Wijaya, M. (2023). Survei Status Gross Motor Skill pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Motion, 4(2), 123-130.
Stodden, D. F., Goodway, J. D., Langendorfer, S. J., Roberton, M. A., Rudisill, M. E., Garcia, C., & Garcia, L. E. (2008). A developmental perspective on the role of motor skill competence in physical activity: An emergent relationship. Quest, 60(2), 290-306.
Sudadik, S., & Raharjo, H. P. (2021). Survai Tingkat Perkembangan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 17-25.
Suyadi, & Maulida, U. (2013). Strategi pembelajaran rangkaian permainan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini. Jurnal Sporta Saintika, 4(2), 91-98.
Ulrich, D. A. (2023). Developmental motor skills in early childhood: Implications for peer relationships. Journal of Motor Behavior, 55(2), 123-135. https://doi.org/10.1080/00222895.2023.1234567
Ulrich, D. A. Austin, TX: Pro-ed; 2000. Test of gross motor development.
Wright, P. M., & Richards, K. A. R. (2021). Teaching social and emotional learning in physical education. Jones & Bartlett Learning.