Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Hasil Pembelajaran Pjok Dalam Materi Atletik (Lari 100 M) Smpn 1 Padang Panjang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

RAYHAN HIBATULLAH
Hendri Neldi

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar PJOK siswa karena kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan secara khusus untuk mengetahui dan mengevaluasi efektivitas metode kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi guru PJOK mengenai strategi pembelajaran yang tepat agar kualitas proses dan hasil belajar siswa semakin meningkat.


     Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen One Group Pre test and Post test. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII A dan VIII H, dengan perlakuan berupa penerapan metode kooperatif pada kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes lari 100 meter serta instrumen penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik sebelum dan sesudah perlakuan untuk melihat perubahan hasil belajar yang terjadi pada siswa.


     Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kooperatif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar PJOK pada materi lari 100 meter. Hal ini terbukti dari perbedaan yang nyata antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata hasil posttest yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji statistik independent sample t-test memperkuat temuan ini dengan menunjukkan signifikansi <0,05 pada kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam materi atletik lari 100 meter.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
HIBATULLAH, R., & Neldi, H. (2026). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Hasil Pembelajaran Pjok Dalam Materi Atletik (Lari 100 M) Smpn 1 Padang Panjang. Jurnal JPDO, 9(4), 977-986. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.2026.89

References

Arie Asnaldi, Yessi, and Hendri Neldi. "Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar." Jurnal JPDO 6.1 (2023): 53-58.

Asnaldi, A., Sepriani, R., & Syamsuar, S. (2025). Tinjauan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati) Kabupaten Pasaman.Jurnal JPDO,8(2), 261-271.

Damrah,. 2023. “Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa SMP N 2 Kecamatan Payakumbuh.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan6(11):145.

Ferdinan, F., Karuru, P., Handoko, Y., Zulfah, Z., Martawijaya, A. P., Syafruddin, S., ... & Wahdaniya, W. (2024). Buku Ajar Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Hal 2-4.

Fitriani, T., Salman, S., Martini, T., Hidayat, T., & Firmansyah, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan dan Guling Belakang. Pubmedia Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(4), 11-11.
Saputra, R. Y., & Harjono, N. (2024). Model Kooperatif Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 88-97

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Yuliana. (2019). Integrasi Nilai Moral dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Olahraga dan Pendidikan, 6(1), 25–33.