Peningkatan Kemampuan Teknik Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa SMP Negeri 10 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik passing bawah bolavoli pada siswa kelas IX.1 SMP Negeri 10 Padang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Masalah yang diidentifikasi adalah rendahnya penguasaan teknik dasar bolavoli, kurangnya motivasi siswa, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 10 Padang pada semester I tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes psikomotorik berupa tes passing bawah ke dinding, dengan instrumen penilaian yang mengukur akurasi, kekuatan, dan konsistensi passing. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar. Pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar aspek kemampuan mencapai 25,81% (8 siswa tuntas), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 67,74% (21 siswa tuntas), dengan peningkatan sebesar 42%. Peningkatan ini didukung oleh pendekatan STAD yang mendorong kerja sama tim, motivasi, dan interaksi sosial antar siswa. Kendala yang dihadapi meliputi beberapa siswa yang masih kesulitan memahami instruksi teknik. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan teknik passing bawah bolavoli dan keaktifan siswa, sehingga dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar.
Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan Dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1–15.
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani, XX(2), 97-106.
Ardinata, I.K.R., et al. (2018). Penerapan model STAD dalam pembelajaran bolavoli di SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga.
Arikunto, S., et al. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. New Jersey: Lawrence Erlbaum.
Darling-Hammond, L., et al. (2020). Teacher effectiveness and student learning. Educational Research Review.
Gillies, R.M. (2015). Cooperative learning: Review of research and practice. Australian Journal of Teacher Education.
Hasibuan, H. (2020). Penerapan STAD dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Hidayah, N., et al. (2021). Pembelajaran bolavoli berbasis PJOK di sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan.
Kagan, S. (2013). Kagan cooperative learning structures. Kagan.
McNiff, J. (1992). Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.
Panjaitan, K & Fardana, N. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Permainan Dalam Pembelajaran Penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(1), 54-61
Putu Ari S, I. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Sekolah Dasar, 1, 1- 8.
Slavin, R. (2020). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. New York: Routledge.
Trianto. (2012). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustakaraya