Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Matur Kabupaten Agam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ria Suryani Suryani
Suwirman Suwirman Suwirman

Abstract

Permasalahan penelitian ini proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan belum terlaksana sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Matur Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Matur Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan pada 19 Mei 2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Matur Kabupaten Agam, seluruh populasi yang dijadikan sampel hanya 25% yaitu siswa kelas XI berjumlah 30 orang yang terdiri siswa putra dan putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase E-F. Hasil penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Matur Kabupaten Agam kelas XI secara keseluruhan berada pada kategori kurang dengan hasil kebugaran jasmani siswa putra berada pada kategori sedang dan hasil kebugaran jasmani siswa putri berada pada kategori kurang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suryani, R., & Suwirman, S. (2025). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Matur Kabupaten Agam. Jurnal JPDO, 8(8), 726-735. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.64

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Putri, L. P., Mardiansyah, A., Atradinal, Hendrayana, A. A., ... dan Pion, J. (2023). Sports talent profile of 7-12 years old: Preliminary study of talent identification in Indonesia. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3167 3179. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12361
D Jufirman. (2018). Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kepelatihan Olahraga. 7, 115–124. Desferi Sonny. (2021).
Ekstrakurikuler Bolavoli. Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan model permainan gerak dasar lempar untuk siswa kelas V SDN Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 182–200.
Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2020). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (8th ed.). McGraw-Hill.
Harahap, I., Sari, D., & Mulya, A. (2021). Dampak kebugaran jasmani terhadap kelelahan siswa selama masa pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, 8(1), 33-41.
Hartono. (2014). PAIKEM: Pendekatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Repository Penerbit Litnus. https://repository-penerbitlitnus.co.id/193/1/Pembelajaran%20Berbasis%20Paikem%201.pdf
Irawan, A. T., Siti Nuryawati, L., & Dwiyana, P. (2025). The Relationship Between Sedentary Lifestyle and Obesity in Children at Majalengka Wetan VII Elementary School. HealthCare Nursing Journal, 7(1), 181–187. https://doi.org/10.35568/healthcare.v7i1.5899
Mahardika, I. M. S. (2018). Perencanaan dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 1–9. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/153/109
Mutohir, T. C., Lutan, R., Maksum, A., Kristiyanto, A., & Akbar, R. (2023). Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, November, 110.
Nugraha, R., & Widiastuti, D. (2023). Pengaruh metode pembelajaran PJOK terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 9(1), 45-54. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpjo/article/download/45678/33789
Penedo, F. J., & Dahn, J. R. (2005). Exercise and well-being: A review of mental and physical health benefits associated with physical activity. Current Opinion in Psychiatry, 18(2), 189–193. https://doi.org/10.1097/00001504-200503000-00013
Prasetyo, A., Wulandari, S., & Santoso, H. (2022). Strategi peningkatan kebugaran jasmani untuk menunjang kemampuan belajar dan interaksi sosial pada anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Olahraga, 5(2), 45-56.
Rahmawati, S., Nugroho, Y., & Fatimah, R. (2023). Hubungan kebugaran jasmani dengan kemampuan adaptasi aktivitas belajar dan kegiatan luar sekolah pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Indonesia, 6(1), 15-25.
Rian Andriansyah, M. Naufal Dzaky Immamughni Alwasi, Fauzan Amrullah Ramadhan, Elsa Zahra, & Dwi Muhammad Riski. (2025). Strategi Dan Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(2), 01–06. https://doi.org/10.69714/fbwfkm98
Sasmarianto, & Nazirun, N. (2022). Pengelolaan Gizi Olahraga pada Atlet. Repository Universitas Islam Riau, 1–86. https://repository.uir.ac.id/19397/1/Pengelolaan Gizi Olahraga pada Atlet.pdf
Sefwida Ranti1, Maidarman2, Hermanzoni3, & Romi Mardela4Jurnal Patriot. (2020). Pembelajaran Pjok. 2, 1019–1035.
Shabrina, R. A., Victorian, A. R., & Bayu, W. I. (2025). Profile of physical education, sport, and health at Senior High School level. Sriwijaya Journal of Sport, 4(3), 220–229. https://doi.org/10.55379/sjs.v4i3.3
Shahudin, N. N., Ari Gana Yulianto, & Ai Faridah. (2025). Pengaruh Status Gizi terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Sekolah. Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 4(2), 61–69. https://doi.org/10.36709/jolympic.v4i2.128
Turner, D. P. (2020). Sampling Techniques in Research. [Publisher]. Sari, D. P., & Komaini, A. (2022). Hubungan kebugaran jasmani dengan konsentrasi belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(1), 45-53.
Yasa, I. K. E. P., Mashuri, H., & Adnyana, I. K. S. (2025). Analysis of nutritional status and needs of 10th-grade high school students. Sriwijaya Journal of Sport, 4(2), 124–135. https://doi.org/10.55379/sjs.v4i2.29