Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII Putra SMP Negeri 15 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novya Diah Rachmadania Henwin
Deswandi Deswandi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang yang berjumlah 224 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka sampelnya adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 15 Padang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI fase D. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah: tingkat kebugaran siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang, terdapat siswa yang memiliki nilai kebugaran jasmani pada rentang nilai kurang dari 10 terdapat 1 orang dengan frekuensi relatif sebesar 3,13% pada kategori sangat kurang, dan rentang nilai 11-12 terdapat 12 orang siswa dengan frekuensi relatif sebesar 37,50% pada kategori kurang, pada rentang nilai 13-14 terdapat 11 orang siswa dengan frekuensi relatif sebesar 34,38% pada kategori sedang, pada rentang nilai 15-16 terdapat 7 orang siswa pada frekuensi relatif 21,88% pada kategori baik dan pada rentang nilai besar dari 17 terdapat 1 orang siswa dengan frekuensi sebesar 3,13% pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kategori kurang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rachmadania Henwin, N., & Deswandi, D. (2025). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII Putra SMP Negeri 15 Padang. Jurnal JPDO, 8(8), 100-200. https://doi.org/10.24036/JPDO.28.7.2025

References

Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2), 75. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82
Agus, A. (2019). Olahraga Kebugaran Jasmani Sebagai Siatu Pengantar. Sukabina Press. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Apri+Agus+Olahraga+Kebugaran+Jasmani&btnG=
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75
Candra, H. (2023). The Effect of the Project Based Learning Model with the Case Method and Nutritional Status on Physical Fitness of Learners Class Vii Smpn 21 Padang. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(04), 1332–1342. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i4-02
Darmawan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jip, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Deswandi, D., Syafruddin, S., & Khairuddin, K. (2018). Studi Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal MensSana, 3(2), 81. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.81
Gusril. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi, 7(1), 27.
Pitnawati, P., Erianti, E., Zulbahri, Z., Astuti, Y., Damrah, D., & Rosmawati, R. (2022). Development of jigsaw methods and digital-based design methods in gymnastic learning. Linguistics and Culture Review, 6, 221–236. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns4.2141
Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 238–249. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p238-249
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.
Saputra, M., & Okilanda, A. (2022). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Pariaman. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(3), 446–457. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.10552
Sepriadi. (2017). Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhada Tingkat Kebugaran Jasmani. 77–89. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/11755