Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMP N 4 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dugaan bahwa kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 4 Sungai Tarab belum berjalan secara optimal. Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting yang memengaruhi keterlibatan mereka dalam pembelajaran PJOK. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 Sungai Tarab yang berjumlah 153 orang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 107 siswa, terdiri dari 55 siswa laki-laki dan 52 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik distribusi frekuensi dan perhitungan persentase untuk menentukan kategori motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik siswa berada pada capaian rata-rata 80%, termasuk kategori sangat baik, sedangkan motivasi ekstrinsik mencapai 78%, yang termasuk kategori baik. Secara keseluruhan, motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 4 Sungai Tarab memperoleh rata-rata 79% dan berada pada kategori baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa memiliki dorongan yang cukup tinggi untuk mengikuti pembelajaran, baik dari faktor internal maupun eksternal, meskipun masih terdapat ruang untuk peningkatan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
https://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/30/23, di akses 05 Agustus 2019.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecmatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-17.
Astuti, R. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 4(1), 45–53. Bandung: Alfabeta.
Chen, W., Zhang, T., & Wang, Y. (2021). Screen time and physical activity motivation among adolescents: A cross-sectional study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(12), 6543.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.
Hidayati, N. (2020). Pengaruh metode pembelajaran interaktif terhadap motivasi siswa dalam pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 101– 110.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil utama Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Nurdiana, D. (2020). Hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar PJOK pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(1), 77–84.
Rahmawati, S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran PJOK di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 10(3), 210–218.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford Press.
Sukintaka. (2016). Dasar-dasar pendidikan jasmani. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharjana. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Yogyakarta: UNY Press
Utami, N. L., & Suryadi, B. (2020). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 112–121.
Wang, M.-T., & Eccles, J. S. (2019). The role of social support and engagement in school-based physical activity. Journal of Youth and Adolescence, 48(3), 555–567. Yogyakarta: Penerbit Pelita.
World Health Organization. (2020). Physical activity. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Yulianti, R., & Hidayat, R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 45–54.