Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Dan Mengumpan Sepak Bola Melalui Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Pada Kelas VII.6 SMPN 10 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Filta Nasalia
Syahrastani Syahrastani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tinjauan tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau atau mengetahui kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 15 Padang yang berjumlah 233 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase D SMP yang meliputi : Multi Stage Fitness/Bleep test. Hasil penelitian Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa  Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Padang, hasil dari 30 siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Padang menunjukkan bahwa: 5 siswa (16,67%) termasuk kategori baik dengan nilai di rentang 18-21, 23 siswa (76,67%) termasuk kategori sedang dengan nilai di rentang 14-17 dan 2 orang (6,67%) masuk kategori kurang  dengan nilai 10-13. Tidak ada siswa yang berada dalam kategori baik sekali maupun kurang sekali. Berdasarkan dari nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Padang yaitu sebesar 14-17 apabila dibandingkan dengan norma tabel kategori Nilai TKSI di atas, maka tinjauan kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Padang tergolong pada kategori “Sedang”.



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nasalia, F., & Syahrastani, S. (2026). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Dan Mengumpan Sepak Bola Melalui Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Pada Kelas VII.6 SMPN 10 Padang. Jurnal JPDO, 9(1), 202-211. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.21