Studi Tentang Gerak Dasar Lokomotor Siswa di SDN 05 Padang Pasir Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah Rendahnya kemampuan berlari, berjalan dan melompat siswa di di Sekolah Dasar Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang karena pada dasarnya dengan rentang usia 7-8 tahun justru kecanduan dengan game online yang cenderung tidak banyak melakukann aktivitas gerak, sehingga keterampilan gerak dasar tidak berkembang dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gerak dasar lokomotor siswa di Sekolah Dasar Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang. Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yang diambil adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Negeri 05 Padang Pasir Kota Padang sebanyak 160 orang siswa, dengan teknik sensus atau sampel jenuh, dengan demikian sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 14 siswa putri. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Test Of Gross Motor Development edisi ke-2 (TGMD-2). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 6 sub-item tes, yaitu: tes run, tes gallop, tes hop, tes leap, tes horizontal jump, dan tes slide yang kemudian data dianalisis dengan menggunakan standar skala 5. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui bahwa: Studi Tentang Gerak Dasar Lokomotor Siswa di kelas II Sekolah Dasar Negeri 05 Padang Pasir berada pada klasifikasi “Sedang”.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Asnaldi, A. (2013). Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Motorik. Universitas Negeri Padang.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20. https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51
Bakhtiar, S. (2018), Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak
Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.
(Menjelaskan bahwa gerak dasar adalah fondasi untuk keterampilannya—perlu diajarkan sejak usia dini.)
Bakhtiar, S., Khairuddin, K., & Afrian, H. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Rangkaian Permainan, Indeks Massa Tubuh Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini. Sporta Saintika, 4(2), 84- 96.
Bakhtiar, S., Syahputra, R., Mardiansyah, A., Hendrayana, A. A., & Pion, J. (2020) Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga. In Wineka Media(Pertama). Wineka Media.
Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, Dan Kemampuan. Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 127- 133.
Bakhtiar, S. Merancang pembelajaran gerak dasar anak. Padang: UNP PRESS, 2018.
Dilandes, A. A., Syahputra, R., Oktarifaldi, O., Putri, L. P., & Bakhtiar, S. (2022). Perbedaan Level Kemampuan Objek Kontrol Berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia PAUD. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 27-35.
Engel, A., Broderick, C., Ward, R., & Parmenter, B. (2018). Study protocol: the effect of a fundamental motor skills intervention in a preschool setting on fundamental motor skills and physical activity: a cluster randomised controlled trial. Clin Pediatr OA, 3(129), 2572-0775.
Famelia, R., Tsuda, E., Bakhtiar, S., & Goodway, J. D. (2018). Relationships among perceived and actual motor skill competence and physical activity in Indonesian preschoolers. Journal of Motor Learning and Development, 6(s2), S403-S423
Gallahue, David L &Ozmun J.C. (2007). Understanding Motor Development, Infant Children, Adolescents Adults. Boston: McGraw Hill.
Gallahue, David L, dkk, (2012). Understanding Motor Development. Infants. Children, Adolescents, Adults. Seventh Edition. New York: McGraw Hill.
Irsakinah, I., & Yaswinda, Y. (2021). Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 99-108.
Li, L. (2009) Children Gross Motor Development from Ages 3 to 10 in Shandong. Journal of Shandong Institute of Physical Education and Sports, 25(4), 47-50
Putri, L. P., Septri, S., Zumroni, Z., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., Marta, I. A., ... & Nata, A. D. (2020). Effect Of Nutritional Status On Object Ability Of Children's Object Controls Aged 5 To 6.
Puspita, R. W. (2013). Meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak taman kanak-kanak melalui permainan tradisional: Penelitian tindakan kelas di TK istiqamah Bandung tahun ajaran 2012-2013 (S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia).
Stodden, D. F., Goodway, J. D., Langendorfer, S. J., Roberton, M. A., Rudisill, M. E., Garcia, C., & Garcia, L. E. (2008). A developmental perspective on the role of motor skill competence in physical activity: An emergent relationship. Quest, 60(2), 290–306. https://doi.org/10.1080/00336297.2008.10483582