Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pjok Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Xi Tarusan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alfata Daffa
Kamal Firdaus

Abstract


Abstrak


Penelitian ini berangkat dari rendahnya hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan, yang disinyalir karena motivasi belajar yang juga rendah. Oleh karena itu, tujuan studi ini adalah untuk mengungkap hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar PJOK pada siswa kelas VIII di sekolah tersebut.


Penelitian ini menggunakan metode korelasional kuantitatif. Populasi meliputi 510 siswa SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan, dengan sampel sebanyak 77 siswa yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Instrumen yang dipakai adalah angket motivasi belajar dan data nilai hasil belajar PJOK semester ganjil. Regresi linear sederhana digunakan untuk menganalisis data, dengan taraf signifikansi α=0,05.


Hasil analisis menunjukkan hubungan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar PJOK, terbukti dengan nilai signifikansi 0,012<0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,082 menandakan bahwa motivasi belajar berkontribusi 8,2% terhadap hasil belajar PJOK. Singkatnya, semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar PJOK yang mereka capai.


 



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Daffa, A., & Firdaus, K. (2026). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pjok Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal JPDO, 9(4), 967-976. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.2026.88

References

Aldiansyah., Firdaus, Kamal., Edwarsyah., Apriyano, Berto. (2025) Motivasi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Anambas Privinsi Kepulauan Riau Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga 8(2).

Apriyano, Berto., Zainuddin, Zainal Abidin., Hashim, Asha Hasnimy Mohd. (2022) Physical Activity Module In Health Sports Physical Education Learning On Physical Fitness And Health. International Journal of Human Movement and Sports Sciences 10(4).

Arianti. (2018) Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan 12(2).

Asnaldi, A (2019). Kontribusi Motor Ability dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana 4(1).

Asnaldi, Arie., Syampurma, Hilmainur. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani 20(2).

Asnaldi, A., Zulman, Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sitoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana 3(2).

Fernanda, MHD Ardika., Arsil., Syamsuar., Sari, Desi Novita. (2023). Hubungan Motivasi belajar Dengan Hasil Belajar PJOK Siswa SMP Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan dan Olahraga 6(5)

Fernando, Yogi., Andriani, Popi., Syam, Hindayani. (2024) Pentingnya Motivasi siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS) 2(3).

Firdaus, Kamal. (2016) The Students’ Motivation Toward Physical and Health Education Subject (A General Course) In State University Of Padang (UNP). Jounal of Social Sciences Research 10(4).

Gulo, Agus Fedarwin., Pohan, Yuli Arnida. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Yumeida Utama Industri

Idham, Zul., Neldi, Hendri., Komaini, Anton., Sin, Tjung Hauw., Damrah. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil PJOK. Jurnal Basicedu 6(3).

Kapti, Jalesatrio., Winarno, Masyuri Eko. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP : Literature Review. Jurnal Sport Science and Health, 4(3).

Laia, Rendi Alfredo., Harvianto, Yudo., Wisman, Yossita. (2025) Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PJOK Di SMA Nusantara Palangka Raya. Repository UPR.

Mutiara., Damrah., Asnaldi, Arie., Apriyano, Berto. (2024). Hubungan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik di SMPN 2 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan dan Olahraga 7(20).

Nur, Hasriwandi., Nirwandi., Asmi, Ali (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMAN 1 Batipuh Kabupateh Tanah Datar. Jurnal MensSana 3(2).

Putra, Rozal sapriman., Ihsan, Nurul., Damrah., Handayani, Sri Gusti. (2024) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Di SMA Negeri 2 Lubuk Basung.Jurnal Pendidika Olahraga 7(1).

Rahman, Sunarti. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar "Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0". Universitas Negeri Gorontalo

Suci, Afrina., Neldi, Hendri., Syahrastani., Zulman. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri 17 Padang 5(9).


Wicaksono, Galuh Hendityo. (2019) Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kebupaten Kebumen 2018.Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 5(2).

Yustika, Devi., Sudarti., Handayani, rif’ati Dina. (2022). Analisis Regresi Linier Sederhana untuk Mengestimasi Pengaruh Kemampuan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Rasi. Jurnal Pendidikan MIPA 12(2).