Studi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Rasyid
Atradinal Atradinal

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum pernah diketahuinya kondisi tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kondisi tingkat kebugaran jasmani siswa/i SD Negeri 28 Air Tawar Timur, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kota Padang, dengan jumlah populasi sebanyak 191 orang dari 6 ruang kelas yang tersedia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 orang, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan kelas V, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase C, yang memiliki 5 item tes pengukuran yaitu : Tes Kordinasi Mata dan Tangan (Child Ball), Tes Kemampuan Akurasi dan Ketepatan (Tok-Tok Ball), Tes Kelinchan dan Kecepatan (Shuttle Run 4x10m get ball), Tes Kekuatan Otot Perut (Move The Ball), dan Tes Daya Tahan Cardiovaskular (Lari 600 Meter). Hasil tes ini selanjutnya dianalisis menggunakan norma tes dan diolah menggunakan distribusi frekuensi, kemudian disimpulkan menggunakan standar kategori TKSI Fase C, Sesuai dengan Panduan TKSI Fase C Tahun 2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah diketahuinya, dari 28 orang sampel penelitian diperoleh rata-rata sebesar (17,18), berada pada kondisi kebugaran jasmani Kategori “Sedang”, Nilai maksimal (23), dan nilai minimal (15), serta diperoleh Standar Deviasi sebesar (2,00). Dengan rincian 16 orang siswa/i berada pada tingkat kebugaran jasmani kategori “Sedang”, 11 Orang  siswa/i berada pada tingkat kebugaran jasmani kategori “Baik” dan 1 orang siswa memperoleh hasil maksimal dengan tingkat kebugaran jasmani yang berada pada kategori “Baik Sekali”. Maka dapat disimpulkan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kota Padang secara umum berada pada kategori Sedang (57%) dan Baik (39%), dengan hanya satu siswa (4%) yang berada pada kategori Baik Sekali.



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rasyid, A., & Atradinal, A. (2025). Studi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Air Tawar Timur Kota Padang. Jurnal JPDO, 8(9), 786 - 795. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.20261.70

References

Asmana, N. D., Yaslindo, Y., Wahyuri, A. S., & Resmana, R. (2023). Tinjauan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JPDO), 6(6), 129–135.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Distributed Practice Practice Dan Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana,4(1),17.
Atradinal, A. (2018). Pengaruh Model Latihan Fartlek Terhadap Daya Tahan Aerobik Atlet Sekolah Sepakbola PSTS Tabing. Sporta Saintika, 3(1), 432-441.
Dessi. N. S., Indri W., & Sefri H. (2020). Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. In 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019) (pp. 120-123). Atlantis Press.
Erianti, F. U. (2017). Kontribusi Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Bolavoli Dasar Mahasiswa.Jurnal Menssana, 2 (1), 29-36.
Hidayat, Z. W., & Andrianto, J. R. (2023). The relationship of learning motivation to physical fitness and the learning achievement of Physical Education students. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 5(2), 374–381.
Indrawati, N. K. (2024). Pendidikan holistik dalam perspektif filosofis dan implementasinya di sekolah dasar. Jurnal Ta’dib Al Afkar, 15(1), 45–53.
Iqbal, M., Darni, D., Jonni, J., & Sari, D. N. (2024). Hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Jurnal Pendidikan dan Olahraga (JPDO), 7(1), 158–164.
Khairuddin, K. (2014). The influence of modified games and conventional learning models on the physical fitness of junior high school students. Asian Social Science, 10(5), 136
Nurul Ikhsan. (2017). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja GuruPendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Mens Sana, 2(1), 55-64.
Pitnawati, P., & Damrah, D. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam di Klub Senam Semen Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 9-16.
Rachmawati, N., & Kurniawan, A. (2024). Hubungan aktivitas fisik dengan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(1), 59–67.
Risaldi, M. Y. D., Herpandika, R. P., & Pratama, B. A. (2023). Penerapan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) di SDN Siwalan 1 Kabupaten Nganjuk. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 224–232. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.358, diakses 11 Juli 2025.
Rohmansyah, N. A., Mawarti, S., & Hiruntrakul, A. (2022). The effect of teaching style on affective and cognitive motivation in physical education. Jurnal Keolahragaan, 10(2), 147–156.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (8th ed.). Wiley.
Sepriadi. (2019). Pembinaan Kebugaran jasmani: Sebagai suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian tindakan kelas (Ed. 3, Cet. 2). Bandung: Alfabeta. ISBN 978 602 289 520 6. Akses katalog: UIN Suska Riau.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 93.
Wahyuni, S. (2020). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. Rajawali Pers.