Pelaksanaan TRIAS Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sijunjung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muzilla Tussukhti
Rika Sepriani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan bahwa pelaksanaan TRIAS Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 2 Sijunjung belum berjalan sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan TRIAS UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan dilaksanakan pada Juni 2025. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Sijunjung yang berjumlah 583 orang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 65 siswa, terdiri dari 33 laki-laki dan 32 perempuan. Instrumen yang digunakan berupa angket, dan data dianalisis menggunakan teknik distribusi frekuensi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan TRIAS UKS di SMP Negeri 2 Sijunjung berada dalam kategori cukup. Rata-rata capaian indikator pendidikan kesehatan adalah 67%, pelayanan kesehatan sebesar 66,5%, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat sebesar 68%. Secara keseluruhan, pelaksanaan TRIAS UKS memperoleh skor rata-rata sebesar 67%, yang termasuk dalam kategori cukup.



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tussukhti, M., & Sepriani, R. (2025). Pelaksanaan TRIAS Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sijunjung. Jurnal JPDO, 8(8), 366-375. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.38

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Arsil, Asnaldi, Arie. 2021. Hubungan Keterampilan Motorik Kasar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal sport science volume 21 nomor 1 edisi Januari tahun 2021.

Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecmatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-17.

Bayu Oktrianda. (2021). Tinjauan Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sijunjung [Skripsi tidak dipublikasikan].

Febriyanti, R., & Herlina, L. (2018). Evaluasi Pelaksanaan UKS di Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 75–82.
Eldawaty, E. (2022). Hubungan tingkat kebersihan jamban dengan kesehatan siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 45–52.

Hidayat, A. A. A., & Argantos, A. (2020). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Anak. Salemba Medika.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pedoman Penyelenggaraan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Direktorat Bina Kesehatan Anak.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman UKS/M Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Panduan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Panduan Pembinaan UKS di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Panduan Pelaksanaan UKS/M di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Media Kesmas. (2021). Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah. Media Kesmas Online. Retrieved from [https://mediakesmas.kemkes.go.id/] (akses 2025).

Nela Gusmayeni. (2024). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMPN 41 Padang Gunung Sarik [Skripsi tidak dipublikasikan].
Pratiwi, R. D. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kesehatan Anak Melalui UKS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, 2(1), 35–42.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rika Sepriani. (2019). Pendidikan Kesehatan bagi Peserta Didik dalam Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Jurnal Pendidikan Kesehatan, 5(1), 1–7.

Rosmaneli, N., Dewi, F. R., & Arifin, N. (2019). Pelayanan Kesehatan Sekolah: Pendekatan Promotif dan Preventif. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(1), 45–50.

Sari, N. P. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(1), 27–34.

Soekidjo, N. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

World Health Organization. (2018). Global School Health Initiative: Achieving Health through Schools. Geneva: WHO.