Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah dasar negeri 06 pancung soal kabupaten pesisir selatan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SDN 06 pancung soal , kabupaten pesisir selatan , yang mencakup perencanaan, pelaksanaan ,dan evaluasi pembelajaran.masalah utama yang di angkat adalah kurangnya pemahaman guru PJOK terhadap prinsip dan tujuan kurikulum meredeka. Penelitian ini mengunakan mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan Teknik purposive sampling , melibatkan 30 siswa kelasVI 3 guru . hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran oleh guru berada pada kategori baik(65%),pelaksanaan pembelajran juga berada pada kategori baik (54%), serta evaluasi pembelajaran berada pada kategori (55%) baik, perspektif siswa mendukung hasil tersebut dengan skor baik . Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan pemahaman kurikulum serta evaluasi berkelanjutan guuna meningktkan kualitas pembelajran PJOK.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A., & Richi, A. P. (2017). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 92–100.
Asnaldi, A., & Syampurna, A. (2020). Pendidikan jasmani yang baik sebagai proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Olahraga, 98.
Asnaldi, A., Zulman & M,M.(2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motoric Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Menssana, III(2), 16-27.
Karp. (2019). Partisipasi olahraga tim dan pengaruhnya terhadap keterampilan sosial anak. Journal of Physical Education Research.
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Merdeka: Panduan Asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lestari, D. (2022). Transformasi Pembelajaran PJOK melalui Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 11(2), 123–135.
Prasetyo, A. (2021). Implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 45–53.
Santos, J. (2020). The impact of sports participation on children’s healthy lifestyle. International Journal of Physical Education and Sports Sciences, 5(3), 88–96.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. (2021). Kemandirian siswa dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(2), 55–63.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.