Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bungo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M Afif Alkhoiri
Khairuddin Khairuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kurikulum Merdeka di MTsN 4 Bungo. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya disiplin siswa dalam memakai pakaian olahraga, kurangnya minat terhadap materi, serta rendahnya keterlibatan dalam kegiatan praktik. Selain itu, metode pembelajaran yang kurang bervariasi membuat pembelajaran menjadi monoton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah satu guru PJOK. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka membawa perubahan positif dalam proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar sesuai prinsip Kurikulum Merdeka, mencakup tujuan, strategi, langkah kegiatan, serta penilaian. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran dilakukan secara aktif, interaktif, dan menyenangkan. Sedangkan pada tahap evaluasi, guru menggunakan rubrik penilaian serta memberikan umpan balik kepada siswa secara individu maupun kelompok. Secara keseluruhan, penerapan Kurikulum Merdeka di MTsN 4 Bungo meningkatkan kualitas proses pembelajaran PJOK.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alkhoiri, M., & Khairuddin, K. (2025). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bungo. Jurnal JPDO, 8(7), 3541-3550. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.12.2025.4