Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Senam Irama SD Negeri 11 Ampang Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar senam irama peserta didik SD Negeri 11 Ampang Kota Padang. Penelitian ini berjudul “Pengeruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Senam Irama SD Negeri 11 Ampang Kota Padang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajran PBL terhadap peningkatan hasil belajar senam irama SD Negeri 11 Ampang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksprimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April-Mei 2025 di SD Negeri 11 Ampang Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 87 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan penentuan kelas yang hasil belajar paling rendah. Berdasarkan hal tersebut, didapatkan kelas IV yang berjumlah 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan senam irama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t signifikansi 0.05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikansi model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar senam irama SD Negeri 11 Ampang Kota Padang. Hal tersebut ditunjukkan dengan thitung 9.25 dan ttabel 1.76 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel.