Hubungan Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa SMA Negeri 1 Palupuh Kabupaten Agam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK siswa SMA Negeri 1 Palupuh. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Palupuh, dengan sampel 42 siswa yang diambil melalui teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket kedisiplinan dan motivasi belajar serta dokumentasi nilai PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK secara parsial maupun simultan. Oleh karena itu, penguatan kedisiplinan dan motivasi belajar menjadi faktor penting dalam meningkatkan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran PJOK.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsil, Asnaldi, Arie. 2021. Hubungan Keterampilan Motirik Kasar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal sport science volume 21 nomor 1 edisi Januari tahun 2021
Asmana, N., Yaslindo, Y., Wahyuri, A., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang.Jurnal JPDO,6(6), 129-135.
Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M.(2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-27.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Daryanto, D. (2020). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Fisika (Survei Pada Siswa SMA Negeri di Kota Tangerang). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).
Dimyati. Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
H. Nur, Nirwandi, and Asmi. 2018. Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar, jm, vol. 3, no. 2, pp. 93-101, Dec. 2018
Ikhsan, N. 2017. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal MensSana, 2(1), 55-64.
Marzuki. (2017). Pendidikan karakter: Disiplin sebagai kunci keberhasilan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, N., Kusumayanti, A., & Angriani, A. D. (2022). Pengaruh Motivasi, Sikap, dan Iklim Belajar terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2740-2752.
Pitnawati, P., & Damrah, D. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Program Latihan Senam di Klub Senam Semen Padang. Jurnal MensSana, 4(1), 9-16.
Primasari, Rhima., & Neldi, Hendri. (2022). Hubungan Motivasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTS Sungai Patai. Jurnal Pendidikan dan Olahraga Universitas Negeri Padang, Vol 5 No 2 : 7-14
Sari, D. N., Nelson, S., & Haris, F. (2023). Pembinaan kebugaran jasmani dan pelatihan keterampilan kreativitas sebagai upaya mencegah demensia.Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso),3(1), 15-24.
Sari, D. N., Wulandari, I., Hardiansyah, S., & Zulbahri. (2020). Contributions of Arm Muscle Strength Against Forehand Drive Skills for Table Tennis Athletes. 460(Icpe 2019),120–123. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.
Setiawan, A. A., Maskun, M., & Imanita, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas.Pesagi (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah),9(2).
Suprihatin, Siti, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Volume 3, No. 1, 2015.
Syahrastani. 2011. Psikologi Olahraga. Padang: FIK UNP
Tu’u, Tulus. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.