Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Kelas XI Di SMA Negeri 4 Kota Pariaman tahun 2024/2025
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang lancarnya pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas 11 SMAN 4 Kota Pariaman.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas 11 SMAN 4 Kota Pariaman.Penelitian ini tergolong pada jenis kuantitatif dengan metode deskriptif.Kuantitatif ini adalah penelitian berdasarkan statistik.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMAN 4 kota Pariaman berjumlah 235 siswa yang terbagi 7 kelas.Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 orang dari seluruh populasi kelas 11 SMAN 4 Kota Pariaman.Instrumen penelitian ini adalah angket.Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi dengan perhitungan persentase P= F/N x 100%.Hasil penelitian bahwa (1) Kesiapan guru terhadap pelaksanaan pembelajaran PJOK persentasenya sebesar 82% (Sangat Baik).(2) Perhatian dan kesiapan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK diperoleh 84%(Sangat Baik).(3)Dan untuk sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran PJOK diperoleh 87%(Sangat Baik).Maka diperoleh persentase pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas 11 SMAN 4 Kota Pariaman sebesar 83,78% yang masuk dalam kategori sangat baik,atau dapat diartikan bahwa pelaksanaan pembelajaran PJOK berjalan sangat baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto,S.2010.ProsedurPenelitianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20.
Asnaldi, A. Zulman, & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecmatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16-17.
Adziman,L., Arwin, A., & Syafrial, S. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola SMA NEGERI 1 Kaur. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35-39.
Arifin,Z.(2012).Model penelitian dan pengembangan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Aji, S. (2016). Buku olahraga paling lengkap. Ilmu Cemerlang Group.
Ainiyah, L. A. A. L. A., & Sugiyono, S. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Geometri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(1).
Arifin,Z.(2012).Model penelitiandan pengembangan Bandung: PTRemajaRosdakarya.
IRWANDI, I. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Di Sma Negeri 2 Camba Kabupaten Maros (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.
Majid, W. (2020). Perilaku aktivitas olahraga terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada masyarakat. In Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1).
Mulyasa, H. E. Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara, 2021.
Nawafil, M., & Junaidi, J. (2020). Revitalisasi paradigma baru dunia pembelajaran yang membebaskan.Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2),215-225.
Notoadmojo,S.(2013) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Purwanto, s., & susanto, e. (2018).Nilai-nilai karakter dalam pendidikan jasmani. Yogyakarta:uny press
Rahman, D. M., Supriatna, N., & Sutanto, T. S. (2016). Pertnjukan Seni Terebang Gebes Grup Candralijaya Pada Acara Hajat Lembur Di Kampung Cirangkong Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya (Doctoral dissertation, Indonesia University of Education).
Rahmayantis, M. D., Puspitoningrum, E., & Sanjaya, F. R. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menemukan Hal-Hal Menarik Tentang Tokoh Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal sssKediri. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 2(2), 32-47.
Rika,S.(2021). Peran guru PJOK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 77–85.
Rika, S. (2022). Pendidikan jasmani dan pembentukan kebiasaan hidup sehat siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 11(1), 14–21.Suprihatiningrum,J. (2016). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi.
Rika Sepriani,dkk.2022.“Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman”. Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol.5,No.011,Hal.82-83.
Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Bandung:Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2006).Statistika untuk penelitian.Bandung: alfabeta
Saputro, T. A., Kriswandani, K., & Ratu, N. (2018). Pengembangan media pembelajaran mengunakan aplikasi construct 2 pada materi aljabar kelas vii. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 10.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional)
Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta:Kencana Prenadamedia Group
Wardana, & djamaluddin, a. (2020).Belajar dan pembelajaran.parepare:kaaffah learning center.
Wisnu Aditya Kurniawan (2014).Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Modifikasi Permainan Lari Kasvol dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Mitra Pendidikan. 1(3).