Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya kebugaran fisik siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2025. Populasi dalam kategori penelitian dengan jumlah 28 orang 12 Siswa Putra dan 16 Siswa Putri. Sampel yang diambil adalah 28 orang siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling . Pengambilan data menggunakan tes TKSI fase C yang Terdiri dari Child Ball, pengukuran kemampuan koordinasi mata tangan siswa, Tok tok Ball, pengukuran tingkat akurasi kemampuan atau akurasi siswa, Shuttle Run 4x10 m get Ball, pengukuran kelincahan, Move The Ball, pengukuran kekuatan otot perut, dan Lari 600 meter, pengukuran daya tahan jantung dan paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani siswa Putri yang diteliti, 0 orang siswa (0%) memiliki tingkat kebugaran jasmani pada interval kelas 22 - 25, berada pada kategori baik sekali. 6 orang (21,42%) memiliki kebugaran jasmani pada kelas interval 18 - 21, berada pada Kategori baik. 7 orang (25%) memiliki kebugaran jasmani pada kelas interval 14-17, berada pada kategori sedang. 14 orang (50%) memiliki kebugaran jasmani pada kelas interval 10-13, berada pada kategori kurang. 1 (3,58%) memiliki tingkat kebugaran jasmani pada kelas interval 5-9, berada pada kategori kurang sekali.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Apri Agus: 2012. Olahraga Kebugaran Jasmani: Padang : SukabinaPres.
Arsil & Antoni, D. (2018). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang: UNP.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Herian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal Menssana, 4(1), 17-29
Asnaldi, A.(2020). Hubungan Kelentukan dan daya ledak otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bola Voli. Physchal Journal (PAJU), 1 (2), 160-175
Boucard. (1990). Exercise, Fitness, and Health, USA: Human Kinetics Publishers.
Depdiknas. (2017). Pedoman Pendidikan Jasmani di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Deswandi, dkk. 2013. Bahan Ajar Teori Dan Praktek Kesegaran Jasmani. Padang:
Deswandi. (2017). Perbandingan adaptasi lingkungan bagi atlet yang berlatih di daerah dataan tinggi dan dataran rendah terhadap VO2MAX dalam kadar Hb darah pada olahraga aerobik. Padang: UNP. FIK UNP
Hakamah, H. (2020). Pengertian dan Tujuan Pendidikan: Perspektif Teori dan Praktik Pendidikan. Jakarta: Penerbit ABC
Hardiansyah, S. (2018). Pengaruh Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjakora, 4(2).
Hendri Irawadi.(2019). Kondisi Fisik dan Pengukurannya. Padang: SukaBina Press.
Hidayati, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 12(1), 45-56.
Ibnu Andli Martha dan Oktarifaldi. 2020. “Koordinasi Mata-Kaki Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola”. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Vol 4(1). Hlm. 1-14.
Jhonson. (1977) Pembelajaran Penjasorkes Di Pendidikan Berkarakter Mahasiswa Pendidikan Olahraga Tahun Akademik 2019/2020 Universitas.
Julyanda, J., Edwarsya, E., Rosmawati, R., & Igoresky, A. (2025). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas XI SMA Negeri 2 Batusangkar. Jurnal JPDO, 8(1), 126-134.
Kemdikbud (2023) panduan tes kebugaran jasmasmani siswa Indonesia fase C
Mashed, A. (2015). Pendidikan Jasmani: Pengembangan Kemampuan Fisik dan Mental Peserta Didik di Era Abad 21. Jakarta: Penerbit XYZ.
Ngatman & Andriyani, F. D. (2017). Tes dan Pengukuran untuk Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Yogyakarta: Fadilatama Quality Berastagi. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1)
Rahayu, S., & Santoso, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Olahraga, 10(2), 123-130.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Sepriadi, dkk. 2017 perbedaam tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Jurnal media Ilmu Keolahragaan Nasional.
Sepriadi, S. 2017. Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Penjakora, 4(1), 77-89.
Sinuraya, J. F., & Barus, J. B. N. B. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani
Supriyanto, A. (2019). Kebugaran Jasmani: Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Suwirman. "Peningkatan kualitas pelatih pencak silat di kabupaten dharmasraya." Jurnal berkarya pengabdian masyarakat 1.1 (2019): 1-12.
Syafrudin. (2011). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: FIK UNP.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 tentang Keolahragaan. (2021). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 86. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
WHO. (2020). Physical Activity and Young People. World Health Organization