TINJAUAN PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH(UKS) DI SMP N 1 LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bermula belum diketahuinya bagaimana pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman sedangkan tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman”.
Penelitian ini meliputi tiga aspek utama dalam Trias UKS: pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan instrumen berupa angket yang disebarkan kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 892, Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Random Sampling dengan menggunakan aplikasi spin. Berdasarkan pendapat ahli peneliti mengambil 10% dari jumlah populasi sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 siswa yang berasal dari kelas VII,VIII, dan IX sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan persentase dan klasifikasi nilai menurut Suharsimi (2013:108).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan kesehatan berada pada kategori baik dengan persentase capaian 77%, pelayanan kesehatan juga termasuk kategori baik dengan capaian 80%, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat berada pada kategori baik dengan persentase 81%. Secara keseluruhan, pelaksanaan UKS di SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping berada dalam kategori baik dengan persentase rata-rata sebesar 80%. Meskipun tergolong baik beberapa aspek perlu ditingkatkan seperti keterlibatan guru dalam Pendidikan Kesehatan, serta kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, S,(2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Asnaldi, A., Sepriani, R., Eldawaty, & Wahyuri, A. S. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo. Jurnal Pendidikan Dasar dan Olahraga, Universitas Negeri Padang.
Asnaldi, A., Sepriani, R., Eldawaty, & Wahyuri, A. S. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo. Jurnal Pendidikan Dasar dan Olahraga, Universitas Negeri Padang.
Asnaldi, A., Zulman, & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16–22.
Depkes RI. 2009. Undang-Undamg No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Depkes RI.
Eldawaty, E., Sepriani, R., & Hasan, A. (2019). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Bungo Dani. Jurnal MensSana, 4(2), 124. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.95
Eldawaty, E., (2022). Tinjauan Usaha Kesehatan (UKS) di SMA Negeri 4 Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga.
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Kartini, N., Widiyastuti, N. E., & Arifah, S. (2023). Pendidikan Kesehatan dalam Trias UKS. Jurnal Kesehatan Sekolah.
Kasman, Thamrin. 2014. Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Petunjuk Teknis Usaha Kesehatan Sekolah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Panduan Sekolah Sehat. Jakarta: Kemendikbud.
Lubis. (2020). 1 , 2 , 3. 5(1).
Kementrian Kesehatan RI.(2021). Petunjuk Teknis Pembinaan dan Pengembangan UKS. Jakarta: Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemerdayaan Masyarakat.
Maulana, H. (2019). Strategi Implementasi Pendidikan Kesehatan di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurmala, L. (2018). Pendidikan Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press.
Prahmawati, P., &Putri, D. U. (2021). Penyuluhan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) bagi Para Guru SDIT Muhammadiyah Gunung Terang, Bandar Lampung. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(4), 365–378.
Rahayuni, S. (2023). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA Negeri 1 Padang Gelugur Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Sri. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 6(10), 35–42.
Rahmawaty, E. (2019). Evaluasi Program Usaha KesehatanSekolah (UKS) pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Quality: Jurnal Kesehatan,
Rochmah, K. N. (2018). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22(7), 2.142-2.153.
Saputra, A., Wiwin, D., & Yulastini, E. (2021). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Sehat. Jurnal Promosi Kesehatan.
Sepriani, Rika. 2019. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mensana. Volume 4 Nomor 2, hal 1, hal 39-34.TIM Pembina UKS PUSAT 2010
Sitepu, H., Ratag, G. A., &Siagian, I. T. (2015).Peran Serta Masyarakat Sekolah Dalam Pelaksanaan Progam Usaha Kesehatan Sekolah Di SMP Negeri 1 Manado.eBiomedik,
Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantiatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.