Kontribusi Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa SD Negeri 42 Baringin Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yayank Thania
Hendri Neldi

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah masih adanya hasil belajar siswa yang belum mencapai batas KKM pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berkemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor didalamnya, diantaranya tingkat kebugaran jasmani yang rendah, motivasi belajar, dan banyak faktor lainnya. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah melihat kontribusi antara kebugaran jasmani dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK Siswa SD Negeri 42 Baringin Kota Padang. Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian korelasional. Populasinya yaitu siswa SD Negeri 42 Baringin Kota Padang yang berjumlah 154 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, pada teknik purposive sampling yang ditekankan untuk menjadi sampel adalah karena adanya pertimbangan karakteristik atau ciri-ciri tertentu. dengan demikian jumlah sampel adalah 27 orang. Jenis data dalam penelitian yaitu data primer , data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dengan melakukan tes kebugaran jasmani dan motivasi belajar. Sedangkan data sekunder, data yang diambil dari sekolah tentang data siswa yang terdaftar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik uji-t.


  Hasil penelitian ini adalah terdapat kontribusi antara kebugaran jasmani dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK (Ry12 (0,97) > dari perolehan Rtabel (0,381) pada α=0,05). Dengan demikian dinyatakan bahwa kebugaran jasmani dan motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Thania, Y., & Neldi, H. (2026). Kontribusi Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa SD Negeri 42 Baringin Kota Padang. Jurnal JPDO, 9(1), 51-60. https://doi.org/10.24036/JPDO.9.1.2026.6

References

Abdurahman dan Muhidin. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Ade Wahyudi dan Bafirman. 2019. Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Stamina. Vol. 2, No.1. Hlm. 471-482.
Agus Adi Kesuma, N., Yoda, K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK Pada Siswa SMP. Penjakora, 8.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Alfianti, dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Reciprocal Teaching Dengan Teknik Example Non ExampleTerhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa (Siswa Kelas XI MAN 2 Jember).
Allin, Hary Perdana. 2018. “Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Melalui Pendekatan Sientifik/K13 Di SMP Negeri 19 Padang Kecamatan Bungus Teluk Kabung.”
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Apri Agus dan Maitera. 2013. Manajemen Kebugaran Teori dan Praktek. Padang: Sukabina Press.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.
Barlian, Eri. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang : Sukabina Press
Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).
Brophy, J. (2013). Motivating students to learn. Routledge.
Darni, Edwarsyah, dan Eldawaty. 2018. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Masase Dasar Mahasiswa FIK UNP. Jurnal Menssana. Vol. 3. No. 1. Hlm. 10-18
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djali, & Puji Muljono, (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Djoko Pekik Irianto (2004) Bugar dan sehat dengan olahraga. Yogyakarta: Adi Offset
Gunarsa, S. (2004). Psikologi olahraga prestasi. Jakarta: Gunung Mulia.
Gustama, Kiki, Rais Firlando, and Wawan Syafutra. 2021. “Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Keterampilan Tendangan Lurus Atlet Pencak Silat.” Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 5(1): 29–39.
Gustiawati, Resty, Fahrudin Fahrudin, and Muhamad Mury Stafei. 2014. “Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih Dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes.”
Hafridarli. 2015. Peningkatan Status Gizi dan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SD Negeri 22 Koto Baru Kecamatan Kubang Kabupaten Solok. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia JPPI. Vol. 1, No.1.Hlm.16-22.
Hapsari, Sri. Bimbingan & Kons SMA Kls XII (2005). Grasindo, 2005.
Hasibuan Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Hermawan, R. F., Susianti, E., & Rahayu, E. T. (2022). Pengaruh media pembelajaran audio visual dalam permainan bola voli terhadap minat belajar siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(10), 80–88.
Indriana, Artha Mevia, Sudirman Husin, and Lungit Wicaksono. 2019. “Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bola Voli.” JUPE (Jurnal Penjaskesrek) 7(1).
Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. K. (2015). Likert scale: Explored and explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396-403.
Junaidi, Ilham Arvan. 2018. “Peningkatan Keterampilan Chest Pass Bola Basket Melalui Metode Peer Teaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga.” Jurnal Penjaskesrek 5(1): 37–44.
Karim, Faizati. 2002, Buku Panduan Kesehatan Olahraga Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta.
Kurniawan, Angga Putra. 2015. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Blitar.”
Kurniawan, S., & Asnaldi, A. (2019). Tinjauan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD Negeri 01 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal JPDO, 2(7), 23-27.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.
Muryadi, Agustanico Dwi. 2017. “Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi.” Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran) 3(1).
Mustafa, Pinton Setya. 2022. “Peran Pendidikan Jasmani Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(9): 68–80.
Nabillah, T., & Prasetyoabadi, A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiamadika.
Ni Nyoman Sukarini. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Basket melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research. Vol. 4. No. 3. Hlm. 371-377.
Nurhayati, I., Nurjamin, A., & Nanang. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bola Berputar Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf. Linguasastra, 1.
Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).
Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1).
Rahmadi, Qurtubi, A., & Effendi, Ali Ma’sum. (2023). Psikologi pendidikan. CV. Mitra Cendekia Media.
Republik Indonesia. Depkes, RI. (2007). Pedoman umum gizi seimbang. Jakarta: Departemen Kesehatan.
Riconscente, M. M. (2014). Effects of perceived teacher practices on Latino high school students’ interest, self-efficacy, and achievement in mathematics. The Journal of Experimental Education, 82(1), 51-73.
Riduwan, & Sunarto, (2015). Pengantar Statistika ( untuk : Pendidikan Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung Alfabet.
Rika Sepriani, Eldawati, dan Rosi Oktamarini. 2018. Kebugaran Jasmani Ibu-ibu di Jorong KP. Alai Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jurnal Menssana. Vol. 3. No.2. Hlm. 47-52
Rismayanthi, Cerika. "Hubungan status gizi dan tingkat kebugaran jasmani terhadap prestasi hasil belajar mahasiswa." Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 42.1 (2012).
Santrock, John W. 2003. Adolescence, Perkembangan Remaja, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindon Persada
Sepriadi, Sefri Hardiansyah, dan Hilmainur Syampurma. 2017. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Vol.7, No.1. Hlm. 25-34
Setiawan, M, A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sholeh, S. I. (2020). Upaya peningkatan hasil belajar lari jarak pendek dengan pendekatan bermain permainan hitam hijau untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Kaleng Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan, 1–19.
Singgih D. Gunarsa. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Sjukur, Sulihin B. 2012. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK.” Jurnal pendidikan vokasi 2(3).
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono. 2017. Metode penelitian. Depok : Raja Grafindo Persada
Sudjana, N. (2006). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung: Afabeta.
Suharsimi Arikunto, (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Supandi. 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syafruddin. 2017. Perangkat Pembelajaran Ilmu Melatih Dasar. Universitas Negeri Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Thomas, Kristo M. 2010. Andalah Para Orang Tua Motivator Terbaik Bagi
Remaja. PT Alex Media Komputindo: Jakarta.
Thursan Hakim, 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadana Nusantara
Toriq Muhammad Agung dan Kibadra. 2019. Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Putri Kelas X SMK Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan dan Olahraga. Vol. 2. No.9. Hlm. 6-9.
Uno, Hamzah B. 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Waryono. (2011) Tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV, V, VI sekolah dasar negeri mejing I candimulyono magelang [skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta; 2011
Widiastuti. 2017. Tes Pengukuran Olahraga. Jakarta: Rajawali Pers
Widodo, A., & Wahyuni, E. S. (2016). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(01), 48-55.
Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi Belajar Ditinjau DariDukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(1).
W.S Winkel, 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Zamsir, L. M., & Fajrin, P. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181.
Zeri Atwi dan Kamal Firdaus. 2020. Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan dan Olahraga. Vol. 3. No. 1. Hlm. 24-29