Analisis Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa di Sekolah Dasar 29 Batang Anai
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD 29 Batang Anai. Hal ini ditunjukkan oleh kebiasaan buruk siswa, seperti membuang sampah sembarangan, kondisi toilet yang kotor, kebiasaan mencuci tangan, dan kesadaran berolahraga. Oleh karena itu, diperlukan tindakan lebih lanjut agar siswa dapat menerapkan PHBS dengan baik guna meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 29 Batang Anai. Populasi penelitian berjumlah 357 orang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling adalah 91 siswa laki-laki dan 88 siswa perempuan dengan total 179 siswa.. Instrumen penelitian berupa kuesioner atau angket dengan skala Likert, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 29 Batang Anai mencapai 68,06%, yang termasuk dalam kategori “cukup.” Artinya, kesadaran siswa dalam menerapkan PHBS masih perlu ditingkatkan untuk mencegah risiko penyakit. Sebagai generasi penerus, anak sekolah memiliki peran penting dalam mempromosikan PHBS di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A., & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Teknik Dasar ( Dribbling, passing, shooting ) Atlet Bolabasket Klub OGC (Ocean Generation Club). Jurnal JPDO, 6(6), 54-60.
Asnaldi. 2018. “Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman”, Jm, Vol. 3, No. 2, Pp. 16-27, Dec. 2018.
Eldawaty, E. (2025). Tinjauan Kesehatan Pribadi Siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 8(8), 2545-2554.
Depkes RI. (2018). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kementrian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Petunjuk Teknis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tatanan Sekolah. Jakarta: Kemenkes RI.
Julianti, dkk. (2018). Pendidikan Kesehatan Anak. Yogyakarta: Deepublish.
Ministry of Health Indonesia. (2020). Strategi Nasional Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Ministry of Health.
Mulyasa, E. (2018). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurfadillah, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1-5.
Rahmi, D. (2021). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.
Resmana, R. (2023). Studi Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri pada Gugus I Kecamatan Hiliran Gumanti. Jurnal JPDO, 6(8), 161-168.
Rianto, A. A. (2023). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Anestesi, 1(4), 356-362.
Sepriani. 2016. Efektivitas Minuman Energi Terhadap Daya Tahan Aerobik. Jurnal Sporta Saintika, Vol 1 No 2, Hal 175-188.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi (mixed methobs). Bandung : Alfabeta CV.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Suyanto & Asep Jihad. (2019). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Kencana
Suyatno. (2015). Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syafe’i, M. (2017). Pendidikan Kesehatan dalam Perspektif Islam dan Sains. Yogyakarta: Deepublish.
WHO. (2019). Guidelines on Hand Hygiene in Health Care. Geneva: World Health Organization.
WHO. (2016). Health Promotion: Concepts and Principles. Geneva: World Health Organization.
Wulandari, A., & Pertiwi, N. D. (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(1), 45–52.
Yulianti, N. (2021). Pendidikan Kesehatan di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta