Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Modifikasi Permainan Kecil Kelas X Di SMAS Adabiah 2 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah penampilan dan sikap mereka ketika latihan dan bermain, misalnya saja pada saat pembelajaran PJOK ada yang tidak mau melakukan gerakannya, malas bergerak, dan olahraga permainan mereka kurang gesit dan lincah serta mereka cenderung cepat bosan disebabkan oleh kurangnya motivasi mereka. Jadi dalam hal tersebut peneliti melihat adanya kekurangan motivasi pada siswa kelas X di SMAS Adabiah 2 Padang.Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif. Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 24 april 2025, dilaksanakan di SMAS Adabiah 2 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah 309 orang siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 84 orang siswa kelas X. Pengambilan data ini di lakukan dengan cara membagikan angket yang di klasifikasikan dengan menggunakan skala suharsimi dan dirancang sedemikian rupa sehingga dalam Upaya memperoleh informasi yang lebih objektif dari responden.Setelah dilakukan analisis data di dapatkan hasil bahwa: Berdasarkan analisis data di peroleh Tingkat ketercapaian Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Modifikasi Permainan Kecil di SMAS Adabiah 2 Padang sebesar 45,83%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK melalui modifikasi permainan kecil kelas X di SMAS Adabiah 2 Padang dapat di kategorikan Cukup.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang. Jurnal MensSana, 4(1),17 https://doi.org/10.24036/jm.v4i1.30
Gunawan, R. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Siswa dalam PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani, 15(2), 34-45.
Kamal Firdaus, Zery Atwi, 2020. Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Siswa Kelas XI SMA NEGERI Negeri 2 Bengkulu Selatan Jurnal Pendidikan dan olahraga vol 3 (1), 24-29.
Ngalim (2006) Hubungan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Smp N 30 Padang
Nison, Maidarman. "Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8.9 (2021): 68-80.
Nurkusuma, T.W. and Hartati, S.C.Y. (2017) ‘Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya’, 05.
Rasyid, W. (2016). Modifikasi Olahraga Ke Dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Pada Guru-Guru Penjas Di Kecamatan Padang Timur. Jurnal Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan Dan Pendidikan Jasmani, 26(31),
Ridwan, "Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kualitatif." QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1.1 (2003): 13-23.
Sari, D.S. and Indahwati, N. (2016) ‘Hubungan Kemampuan Motorik Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan’, 04.
Sin, T.H. and Hudayani, F. (2020) ‘Studi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan’, SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), p. 30. Available at: https://doi.org/10.23916/08588011.
Singgih D. Gunarsa. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Slameto, 2013. Survei Motivasi belajar Siswa Dalam Mengikuti Pendidikan Jasmani Melalui aktivitas Permainan Kecil di SMPLB Manunggal Slawi Kab. Tegal Tahun 2012. Skripsi.
Soemitro, 2003. Motivasi Belajar, Jakarta: Depdiknas
Sugiono, 2011. Psikologi Olahraga. Jakarta: Depdikbud
Sugiyono, D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Suharsimi. 2019. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Sukintaka, Ardiansyah, (2004). Permainan kecil. Jurnal Olahraga, 3(2), 67–74.
Supandi. 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Syahrastani,, (2010). Motivasi Siswa dalam Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal JPDO, 5(6), 67-73.
Syahrastani. (2010). Psikologi Olahraga. Malang: Wineka Media
Thursan (2008:28) ‘Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK): Motivasi, Pembelajaran PJOK, Siswa’, Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.47.
Tim Dasar-Dasar Penjas (2013). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Modifikasi permainan kecil. Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2), 86–92
Widyastuti, N. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 45-56.