Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum pernah diketahuinya tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau atau mengetahui kebugaran jasmani siswaSekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluhberjumlah 461 siswa. Terdiri dari 202 siswa putra dan 259 siswa putri. Pengambilan menggunakan probalitysampling dan sampel dalam penelitiaan ini adalah 10% siswa putra dari masing-masing kelas dan 10% siswa putri dari masing-masing kelas, Maka jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah sebanyak 50 siswa. Yang terdiri dari 24 siswa putra dan 26 siswa putri. Pengambilan data didapatkan melalui tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase EF Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), yang meliputi : Koordiasi mata tangan menggunakan tes Hand eye coordination, kecepatan reaksi menggunakan tes Hand touch reaction, kelincahan menggunakan T-Test, daya ledak menggunakan tes Vertical jump,kekuatan otot menggunakan tes DippingTest, Daya Tahan kardiorespirasi menggunakan Multi Stage Fitness Test. Teknik analisa data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ; Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab terdahulu dapat dikemukakan kesimpulan bahwa : Secara keseluruhan rata-rata tinjauan kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kotakelas X sebesar 15,52. Maka rata-rata tinjauan kebugaran jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh KotaKelas X dikategorikan kurang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arisandi, Y., & Neldi, H. (2023). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Jurnal JPDO, 6(1), 53–58.
Arsil.(2018). Buku Ajar: Pembina kebugaran jasmani. Padang: FIK UNP.
Asnaldi, A. (2019). Kontribusi Motor Ability Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Penguasaan Kata Heian Yodan Karateka Lemkari Dojo Angkasa LAnud Padang. Jurnal Menssana, 4(1)
Asnaldi, A.(2020) Hubungan Kelentukan dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bolavoli. Physical Activity Journal, 2(1), 160-175.
Fajaryanto, M, Herpandika, R.P & Pratama, B.A. (2022). Hasil Penerapan TKPN pada Siswa SDN 1 Rejomulyo Kras Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Olahraga Sprinter. Vol. 3, No. 3.
Hasnita, A, Nova, A & Kurniawan, R (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Pesisir Di Kuala Langsa Dengan Siswa Di Daerah Kota Di Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS). Vol. 4, No. 1.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2021). Panduan TKSI Tes Kebugaran Siswa Indonesia Fase E - F (SMA/SMK). Jakarta PPPTK PENJAS DAN BK.
Mulyawati, mulyawati, Umar, A., Suwirman, S., & Asnaldi, A. (2020). Tinjauan VO2Max Karate-Ka Dojo Forki Kota Sungai Penuh. Jurnal JPDO, 3(4), 1-7. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/425
Neldi, H. (2018). Kontribusi status gizi terhadap kesegaran jasmani. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 60-60.
Santoso, A. D. R. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis TikTok mata pelajaran PJOK materi semester ganjil pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(2), 335–344.
Satria, T & Masrun (2020). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Padang. Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani. Vol. 20, No. 2. ISSN 2722-7030 (Online).
Sepriadi, Hardiansyah, S., & Syampurma, H. 2017. Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Vol. 7, Nomor 1.
Sepriadi, S. (2017). Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Penjakora, 4(1), 77-89.
Sepriadi. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Bedasarkan Status Gizi.
Sepriadi. (2019). Pembinaan Kebugaran jasmani: Sebagai suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.
Sudiana, I Ketut (2014). Peran Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh. Jurnal FMIPA UNDIKSHA IV.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyono, A. Agus (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, No. 2.
Swarjana, K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Ypgyakarta: ANDI.