Studi Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan penelitian masih belum di ketahuinya tingkat pelaksanaan trias UKS di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pelaksanaan trias UKS di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar pada bulan April 2025. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 150 orang . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling ,maka sampel penelitian ini berjumlah 31 orang siswa.instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan kusioner penelitian atau angket penelitian.Teknik analisis data diolah menggunakan analisis persentase .Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan trias UKS di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar pada indikator pendidikan kesehatan berada pada ketegori cukup.2)Pelaksanaan trias UKS di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar pada indikator pelayanan kesehatan berada pada ketogori baik.3) Pelaksanaan trias UKS Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariangan Kabupaten Tanah Datar pada indikator pembina lingkungan Sekolah sehat berada pada ketegori sangat baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Amin, R., Asnaldi, A., Sepriani, R., & Syamsuar, S. (2025). Tinjauan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati) Kabupaten Pasaman. Jurnal JPDO, 8(2), 261-271.
Anwar, R. S., Rasyid, W., & Mariati, S. (2019). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMP Negeri 3 Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi. Jurnal JPDO, 2(4), 1-5.
Apriani, L., & Gazali, N. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20-28.
Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Dinatha, N. M., Sariyani, M. D., Dhena, G. V. A., & Wae, M. S. (2023). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 758-772.
Eldawaty, E., dkk. 2022. Tinjauan Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama 22 Padang. Jurnal JPDO, 5(9), 15-20.
Hidayat,Kurnia. Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai proses prilaku hidup bersih dan sehat peserta didik. Diss. Universitas Negeri Padang, 2020. Jurnal Menssana, 2(1),45-54
Lumbanraja, W. S., Nugroho, P. J., & Winaryo, S. (2022). Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Equity in Education Journal, 4(1), 30-35.
Mukminin, A., & Tasu’ah, N. (2016). Pengembangan model layanan program usaha kesehatan sekolah (UKS) terintegrasi pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Semarang (Studi pada lembaga taman kanak-kanak di Kota Semarang). Jurnal Penelitian Pendidikan, 33 (2),
MUSDALIFAH, P., & Misbah, S. R. (2017). Identifikasi Pengetahuan Siswa Tentang Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Smp Kartika Xx-6 Kendari (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari).
Neumann, L., Combe, L., Lambert, P., Bartholomew, K., Morgan, S., &Bobo, N. (2017). Whole School, Whole Community, Whole Child: Implications for 21st Century School Nurses. Position Statement. National Association of School Nurses.
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 895-902.
Oktrianda, B. (2021). Tinjauan Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sijunjung (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Oktariza, Boby. (2019) Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 27 Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Diss. Universitas Negeri Padang.
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31-38. Purbasari, C., Khalid, F., Fadla, M., & Nurwati, B. (2023). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Karies Pada Anak Anak. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 414-419.
Pascapurnama, D. N., Murakami, A., Chagan-Yasutan, H., Hattori, T., Sasaki, H., &Egawa,S. (2018). Integrated health education in disaster risk reduction: Lesson learned from disease outbreak following natural disasters in Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction
Praditya, D. K., & Nasution, J. D. H. (2016). Survei pelaksanaan usaha kesehatan sekolah (UKS) dan peran guru pendidikan jasmani di SMP se Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan jasmani/article/view/17365
Putro, Pratomo Sumarno. (2019) "Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah." Jurnal Patriot.
Rahmawaty, E. (2019). Evaluasi Program Usaha KesehatanSekolah (UKS) pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Quality: Jurnal Kesehatan,
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
RISET, D. T. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Universitas, 1(1), 2.
Rohiyatun, B. (2019). Standar sarana dan prasarana pendidikan. Jurnal Visioner: Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan, 7 (1).
Rosmanelli,F.U. (2017). Implementasi Perilaku Hidup Sehat Siswa SD Negeri Gugus IV Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.
Sepriani, Rika. 2019. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mensana. Volume 4 Nomor 2, hal 1, hal 39-34.TIM Pembina UKS PUSAT 2010
Sugiyono, 201.2012. Metodologi Penelitian Kuantiatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Susilawati, R., Pratiwi, F., & Adhisty, Y. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Dismenorhoe Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Mengenai Disminorhoe di Kelas XI SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Ilmu Kesehatan Mulia Madani Yogyakarta, 3(2), 37-54.
Yarnita,Y., Kusumaningrum,T.S., Isnaniar, I., Gasril, P., Maswarni, M.,Widiyanto, J., & Chairil,C. (2018). Pelatihan Kesehatan tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan(P3K) di SMAN 05 Tapung Kab. Kampar. Jurnal Pengabaian untuk Negeri