KETERLAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fionna Revani
Sri Gusti Handayani

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah guru PJOK yang masih dinilai kurang pada penerapan pembelajaran kurikulum merdeka disebabkan oleh kurangnya keterlaksanaan dan pemahaman tentang kurikulum merdeka, kurangnya pemahaman tentang perangkat ajar yang baru dan kurangnya pengimplementasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Tujuannya yaitu untuk mengetahui tentang keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Mata pelajaran  PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Raya, pada bulan Februari 2025. Populasinya yaitu keseluruhan guru PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam sebanyak 2 orang dan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel sebanyak 2 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus statistic deskriptif dengan bantuan Ms. Office Excel 2010. Hasil penelitiannya pada penelitian ini yaitu keterlaksanaan kurikulum merdeka mata pelajaran  PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam terbagi kedalam 3 tahap diantaranya yaitu tahap persiapan berada pada kategori sangat baik. Tahap pelaksanaan berada pada kategori baik. Tahap evaluasi berada pada kategori baik. Keterlaksanaan keterlaksanaan kurikulum merdeka mata pelajaran  PJOK di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam berada pada kategori baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Revani, F., & Handayani, S. (2025). KETERLAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM. Jurnal JPDO, 8(11), 3321-3320. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.11.2025.7

References

Asnaldi, A., Zulman, F. U., & Madri, M. (2018). Hubungan Motivasi olahraga dan kemampuan motorik dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27.
Amin, R., Asnaldi, A., Sepriani, R., & Syamsuar, S. (2025). Tinjauan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati) Kabupaten Pasaman. Jurnal JPDO, 8(2), 261-271.
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31-38.
Alawiyah, F. (2023). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah- Masalah Sosial, 4(1), 65-74.
Hamdi, M. M. (2020). Evaluasi kurikulum pendidikan. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66-75.
Hanifa. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan. Jurnal Pendidikan.
Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum dan Peran Guru dalam Administrasi Kurikulum, 1-4.
Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187-192
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, IV, 558.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.
Saraswati, D.A., Diva, N.S., Indah, N., dkk. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMANegeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12. No. 2, Juni 2022,187-188.
Sari, D. N. 2020. Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 133-138
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2016 ―Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D‖, Bandung, Penerbit CV. Alfabeta.
Supriyanto, A. (2016). Pengembangan Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Di Sma Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 3(2), 152-157
Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Skripsi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56
Syampurma, H. (2018). Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa-Siswi SMP Negeri 32 Padang. Jurnal Menssana, 3(1), 88-99
Vhalery, R. A. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka : SebuahKajian Literatur. Research and Development Journal Of Education
Wahyuri, A. S, Firdaus, K., & Sepriani, R. (2023). Tinjauan tentang kesehatan pribadi siswa kelas iv dan v sekolah dasar negeri 06 koto gadang guguk kecamatan gunung talang kabupaten Solok. Jurnal JPDO,6(7),53-58
Wijayanto, Sigit Anung (2021). Implementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SMKNegri Ngawen. ( Skripsi Sarjana, universitas negeri Yogyakarta)