Tinjauan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bukittingi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asep Maulana
Sepriadi Sepriadi

Abstract

Masalah   dalam   penelitian    ini   adalah  penampilan dan sikap mereka ketika latihan dan bermain, misalnya saja pada saat pembelajaran Kebugaran Jasmani  ada yang tidak mau melakukan gerakannya, malas bergerak, dan olahraga permainan mereka kurang gesit dan lincah serta mereka cenderung cepat lelah disebabkan oleh kurangnya motivasi dan  daya tahan mereka kurang serta menurun. Jadi dalam hal tersebut peneliti melihat adanya kekurangan kebugaran jasmani pada siswa kelas VIII di SMP 7 Kota Bukittinggi. Penelitian Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai masing-masing variabel, baik satu variabel atau lebih sifatnya independen tanpa membuat hubungan maupun perbandingan dengan variabel lain. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Pengumpulan datanya dengan menggunakan tes kebugaran jasmani dan tes motivasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan uji statistic didapatkan  hasil penelitian yaitu tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Bukittinggi memiliki rata-rata kebugaran sebesar 15,8, berada pada kategori sedang, artinya kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Bukittinggi belum berada pada level maksimal tingkat kebugaran jasmani yang harus dimiliki oleh seorang siswa dan  harus lebih ditingkatkan lagi sedangkan untuk motivasi belajar siswa pada pembelajaran PJOK sendiri berada pada kategori sangat tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maulana, A., & Sepriadi, S. (2025). Tinjauan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bukittingi. Jurnal JPDO, 8(9), 2823-2832. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.9.2025.7

References

Arie Asnaldi, Yessi, and Hendri Neldi. "Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar." Jurnal JPDO 6.1 (2023): 53-58.
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Arsil. (2019). Pembinaan kondisi fisik. FIK UNP.
Arsil, & Anthony. (2018). Bahan Ajar Pengetahuan Umum Pendidikan Jasmani dan Olahraga. FIK UNP.
Asnaldi, Arie. (2019) Explosion of limb mus cles on the ability of Mae Geri Chudan Karateka Lemkari. Jurnal Performa.
Asnaldi, Arie. (2008). Hakekat Kreativitas. In Blogspot. (Issue Hurlock, 1978, pp. 1-2).
Deswandi. (2013). Teori dan Praktik Kesegaran Jasmani. FIK UNP.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi . (2021). Panduan TKSI Tes Kebugaran Siswa Indonesia Fase D (SMP).Jakarta :PPPTK PENJAS DAN BK
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi Prestasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(83), 1–11.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta.
R Sepriani, E Eldawaty, 2018. Kebugaran Jasmani Ibu-Ibu Di Jorong Kp. Alai Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman: Jurnal Mensana, Vol, 3 No. 2
Rosmawati, R. 2019. Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Jurnal JPDO,2(3), 21-25.
Sari, Dessi Novita. “Tinjauan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar.” Jurnal Sport Saintika 5.2 (2020): 133-138.
Sepriadi, Hardiansyah, S., & Syampurna, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 27.
Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2023). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wiarto, G. (2015). Panduan Berolahraga untuk Kesehatan dan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Graha Ilmu.