Analisis Status Gizi, Kebiasaan Merokok Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bonjol

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afdhal Hudaya
Rika Sepriani

Abstract


Rendahnya kebugaran jasmani siswa dilihat saat proses pembelajaran penjaskes dimulai ada beberapa siswa yang malas-malasan mengikuti proses pembelajaran, sering merasakan kelelahan dan mengantuk, terdapat beberapa siswa yang melakukan aktivitas merokok secara diam-diam, banyaknya siswa laki-laki yang batuk dan sesak napas saat melakukan olahraga ringan serta tidak memiliki motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Selain itu sering siswa yang kedapatan merokok didalam jam sekolah sehingga sebagian siswa sering izin saat jam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani, status gizi dan kebiasaan merokok siswa laki-laki kelas VIII SMPN 1 Bonjol. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Bonjol pada bulan Maret – April 2025. Populasi siswa laki-laki di SMPN 1 Bonjol yakni 72 orang sedangkan sampel penelitiannya yaitu sebanyak 32 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh yakni Status gizi siswa laki-laki kelas VIII SMPN 1 Bonjol berada pada kategori status gizi normal dengan besar persentase sebesar 59,38%. Tingkat kebugaran jasmani siswa dengan dilakukan 5 tes diantaranya beep test, sit up test, t test, standing broad jump test dan hand eye coordination test berada pada kategori kurang baik (46,88%). Kebiasaan merokok siswa yang diukur menggunakan kuesioner perilaku merokok Glover Nilsson (GN – SBQ) berada pada kategori kebiasaan merokok yang sangat berat (37,5%). Dengan kebiasaan merokok siswa yang berat itu sangat mempengaruhi tingkat kebuaran jasmani siswa


##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hudaya, A., & Sepriani, R. (2025). Analisis Status Gizi, Kebiasaan Merokok Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bonjol. Jurnal JPDO, 8(7), 3301-3310. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.11.2025.5