Pengaruh Efektivitas Latihan Pengenalan Air Terhadap Keterampilan Mengapung Telungkup Perenang Pemula Madani Swimming Club Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan mengapung telungkup perenang pemula Madani Swimming Club Kota Padang . Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan pengenalan air terhadap keterampilan mengapung telungkup perenang pemula Madani Swimming Club Kota Padang. Jenis penelitian adalah eksperimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu 18 orang perenang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan hanya perenang pemula berjumlah 10 orang saat pre-test dan 7 orang saat post-test. Data diperoleh dengan menggunakan formulir tes keterampilan mengapung telungkup. Data dianalisis dengan analisis data uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan pengenalan air terhadap keterampilan mengapung telungkup perenang pemula Madani Swimming Club Kota Padang dengan thitung 7,24241 > ttab = 2,13145.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Asnaldi A., Zulman & Madri. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 18.
Badzuraman, Agus R., & Angga M. 2019. -The Contribution of Submerge, Floating, and Gliding Ability on Swimming Distance Ability for First-Year College Students. || Atlantis Press (Vol. 21). Hlm. 160.
Ermawan, Susanto. 2010. - Pengembangan Tes Keterampilan Renang Anak Usia Prasekolah. || Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, No. 02). Hlm. 150.
Fathurahman, Rafiq. 2017. - Pengaruh Penerapan Latihan Atensi Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Dan Keterampilan Memukul. || Repository Upi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hari, Prasetyo. 2023. Olahraga Air. Prambon : Publish on Issuu.
Herdianto, I., & Meirizal. 2020. –Pengembangan Model Pembelajaran Renang Melalui Materi Pengenalan Aktivitas Air Di Sekolah Dasar. || IJSSC : Indonesia Journal of Sport Science and Coaching (Vol. 02 No. 03). Hlm. 135.
Hernawan., Widiastuti., Aprilia, & Karisdha. 2018. -Pengembangan Model Pengenalan Air Untuk Anak Usia Dini. || Jurnal Pendidikan Usia Dini (Vol. 12 No. 02). Hlm. 254.
Iqbal M., Firdaus K., & Asnaldi A., (2020). Tinjauan Pembinaan Cabang Olahraga Tinju di Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Olahraga 3(5), 18.
Kevin. 2021. -Pengenalan Air dalam Olahraga Renang.||https://www.kompas.com/sports/read/2021/06/18/22200058/, diakses 14 September 2024.
Parmana. 2020. - Peran Papan Luncur Dalam Latihan Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke ) Teknik Pemula. || Skripsi. Universitas Jambi.
Parmana, P.C & Sukadiyanto, dewi. 2015. -Pengembangan Tes Keterampilan Olahraga Woodball Untuk Pemula. || Jurnal Keolahragaan (Vol. 03 No. 02) Hlm.235
Prismadewi. 2013. -Makalah Renang Gaya Dada dan Gaya Bebas. || https://prismadewi.blogspot.com/,diakses tanggal 20 Desember 2024.
Rayhan., Yaslindo., Rasyid W., & Zulbahri. 2023. -Tinjuan Keterampilan Dasar Atlet Renang Klub SeaRia Padang. || Jurnal Pendidikan dan Olahraga (Vol. 06 No. 09). Hlm. 214 , 215.
Renny. 2024. -Panduan Lengkap Pengenalan Air dalam Olahraga Renang. || https://olahraganesia.id/ ,diakses 14 September 2024.
Reo, Prasetiyo. 2020. – Pembelajaran Renang Gaya Dada dengan Pendekatan Metode Inklusi. || Indonesia Performance Journal (Vol. 04 No. 01). Hlm. 2
Robin, Parsaulian. 2019. -Minat Siswa Kelas Iii Terhadap Pembelajaran Renang Di Sekolah Dasar Negeri Ungaran 1 yogyakarta . || Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Hlm. 42
Sameer M. S., Asnaldi A., Zainal A., & Amal M. (2022). Management of Sports Facilities and Equipment in Physical Activities According to Saudi Vision 2030. Jurnal Menssana, 7(2), 118.
Sarifin G., & Muslim Bin Ilyas. 2021. Renang. Malang : Ikor FIK UNM
Wahyudi, Usman. 2015. -Pembelajaran Renang dengan Pendekatan Bermain Terhadap Keterampilan Mengapung. || Jurnal Pendidikan Jasmani (Vol. 25 No. 01). Hlm. 107.