TINJAUAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Malik Ibrahim
Arsil Arsil

Abstract

Masalah di dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang Yang berjumlah 100 orang. Terdiri dari 50 siswa putra dan 50 siswa putri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik problity sampling (pengampilan sampel secara acak) sampel yang di ambil sebanyak 30% dari populasi yang berjumlah 30 siswa dengan rincian 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Pengambilan data didapatkan melalui tes kebugaran siswa indonesia (TKSI) fase D yang di peruntukkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama, yang meliputi: Kordinasi mata tangan(tes hand eye cordination), kekuatan otot perut (sit up tes), daya ledak otot tungkai (standing broad jump test), kelincahan (T test), daya tahan kardiorespirasi ( bleep test).Tehnik analisa data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian: “Secara keselurahan rat-rata tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang dikategorikan kurang”.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ibrahim, M., & Arsil, A. (2025). TINJAUAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 PADANG. Jurnal JPDO, 8(8), 2587-2596. https://doi.org/10.24036/JPDO.8.6.2025.192

References

Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20 https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51
Atradinal, A. A. (2017). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Penjasorkes Padang Utara Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 2(02), 112-119
Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75
Asnaldi, A. (2020). Hubungan Kelentukan dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash Bolavoli. Physical Activity Journal, 1(2), 160. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2556
Depkes RI. 2009. Undang-Undamg No. 36 Agus, Apri. 2013. Manajemen kebugaran. Padang: SUKA BINA PRESS
Darni, D., & Welis, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Masase Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1(1), 415-424
Hariswandi, N. (2018). Kemampuan Teknik Pukulan Atlet Bulutangkis Pb . Dirgantara Lanud. Jurnal Penidikan Dan Olahraga, 7(2), 137–144
Hanrdiansyah, S. (2017). Pengaruh metode interval training terhadap peningkatan kesegaran jasmani mahasiswa jurusan pendidikan olahraga. Jurnal Penjakora, 4(2), 83-92.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023, January 1). Fase D: SMP kelas 7, 8, dan 9. TKSI. https://tksi.kemdikbud.go.id/home/fase/4
Kemdikbud. (2021). Panduan Pembelajaran PJOK SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Majid, W. (2020). Perilaku aktivitas olahraga terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada masyarakat. In Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1).
Neldi, H., & Sepriadi. (2022). Kontribusi Status Gizi Terhadap Kesegaran Jasmani. 60–69. https://doi.org/10.14341/conf7-8.09.22-98-99
Paujiah, S., Arsil, A., Yaslindo, Y., & Rosmawati, R. (2025). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa kelas XI SMA Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Jurnal JPDO, 8(1), 116-126.
Supariyadi, T., Mahfud, I., & Aguss, R. M. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. J. Arts Educ, 2(2), 60-71
Selvani, A. S., & Rasyid, W. (2022). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 39 Padang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal JPDO, 5(2), 42-48
Sepriadi, Hardiansyah, S., & Syampurna, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi.Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 27.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunga, Y. K. G., Tapo, Y. B. O., & Bile, R. L. (2022). Survei Tingkat Kebugaran
Syukryadi, A., & Arsil, A. (2023). Tinjauan Kebugaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Padang Panjang. Jurnal JPDO, 6(1), 28-32.
Yusuf, H. (2018). Evaluasi Kebugaran Jasmani Melalui Harvard Step Testpada Mahasiswa pjkr Tahun 2016/2017 Ikip Budi Utomo. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.162